Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rutinitas Harian Untuk Kesehatan

Rutinitas Harian Untuk Kesehatan

Perubahan kecil yang dapat berdampak besar adalah sebuah rutinitas yang secara konsisten dijadikan kebiasan untuk kesehatan. Banyak orang-orang yang percaya bahwa menjalankan kegiatan sehari-hari secara teratur dan disipilin sulit untuk dilaksanakan. Sehingga jika kita memiliki tekad dan tujuan yang kuat maka perubahan kecil yang dikerjakan rutin akan mendapat pengaruh positif bagi diri sendiri. Begitu juga dengan hal kecil yang dilakukan dengan tujuan kesehatan maka tentu akan merubah pola tubuh kita ke arah yang lebih baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Simak juga tulisan hindari hal-hal sebelum olahraga.

Rutinitas hidup sehat
Rutinitas kesehatan

Rutinitas harian untuk menjaga kesehatan berpengaruh positif baik untuk kesehatan tubuh dan mental kita. Hal inilah yang menjaga dari stress, menjaga tidur yang lebih baik, meningkatkan produktivitas harian, menjaga nafsu makan dan dapat meningkatkan pikiran menjadi lebih fokus terhadap sesuatu. Rutinitas seharusnya akan menjadi menyenangkan jika kita memang terus menjalankan dan secara teratur melakukannya sesuka hati. Berikut adalah beberapa rutinitas yang mudah diterapkan dan dilakukan setiap hari untuk kita. Pada artikel sebelumnya juga ditulis cara mengatur polah hidup sehat.

1. Bangunlah pagi hari di waktu yang sama

Pernahkah kita lebih sulit bangun pada hari senin ?, tentu ini hal yang banyak orang alami karena biasannya pada akhir pekan kita lebih suka meninggalkan kegiatan yang panjang pada weekday. Pada akhir pekan orang-orang cenderung menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang lebih berat dibanding hari kerja biasanya. Contohnya yang biasanya pada hari kerja kita melakukan kegiatan pekerjaan yang sama dan terjadwal, kemudian pada akhir pekan kita lebih banyak dihabiskan dengan jalan-jalan, kumpul bersama teman, atau bahkan melaksanakan kegian diluar yang melelahkan. Sesaat ketika memasuki hari akhir liburan pikiran dan tubuh kita menuntut kita untuk merubah kedalam mode hari yang panjang untuk melaksanakan pekerjaan seperti biasanya pada hari kerja. Untuk itu tips yang dapat dijalankan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita lakukanlah setiap hari untuk bangun tidur pada waktu yang sama, hal ini dapat mengatur tubuh untuk tetap terjaga dalam pola jam waktu tidur menjadi lebih teratur.

2. Merapihkan tempat tidur kita

Apakah dengan merapihkan tempat tidur itu sangat penting ? Tempat tidur kita adalah merupakan salah satu terapi disaat tubuh ingin merasa nyaman dan tenang. Jika kita bayangkan saat pulang dari tugas atau pekerjaan yang melelahkan disaat tubuh butuh untuk istirahat dengan kondisi tempat tidur berantakan pikiran kita akan merasa menjengkelkan dan menambah beban saja. Bukan mendapatkan tempat istirahat yang nyaman bagi tubuh untuk istirahat malah dipaksakan untuk mengerjakan hal kecil yang menambah stress saja. Untuk itu biasakan untuk melakukan rutinitas kecil ini agar pikiran kita terjaga dari stres, selain itu jika dilakukan pada pagi hari tubuh kita akan melakukan gerakan ringan sehingga badan tidak kaku dan tambahan lainnya kamar tidur kita menjadi rapih dan bersih.


3. Olahraga kecil

Olahraga sangatlah penting bagi tubuh kita dalam menjaga kesehatan dan kebugaran setiap hari, Tidak semua orang sanggup untuk menjalankan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Penyebabnya adalah kita terlalu lelah mengerjakan banyak hal pada hari-hari kita, sehingga untuk melakukannya pada akhir pekan pun terasa berat untuk dijalankan. Olahraga yang mudah untuk dikerjakan sebagai rutinitas adalah lari-lari kecil atau berjalan kaki pada pagi setiap hari. Tubuh akan merasa prima dan kuat menjalankan tugas harian selanjutnya.

4. Meditasi

Meditasi sangat cocok untuk kita kerjakan dalam menjaga pikiran dan mental harian kita. Ambil waktu selama 10 menit untuk meditasi harian kita pada pagi hari. Menjaga pikiran dan mental dengan meditasi akan membantu kita lebih fokus dan percaya diri untuk menjalankan kegiatan atau pekerjaan yang didepan kita.

5. Mandi

Mandi pada budaya kita memang secara tidak langsung menjadi rutinitas yang tidak dapat ditinggalkan, karena itu mandi secara rutin baik pada pagi hari maupun sepulang dari kegiatan dapat menjadikan tubuh kita wangi, segar bugar dan bersih. Di sisi lain mandi menjadi bagian yang dapat membuat tubuh nyaman dan pikiran yang tenang sehingga akan siap melakukan apapu,

6. Sarapan pagi

Apakah sarapan pagi dapat menjaga kesehatan tubuh? jawabannya cukup sederhana, pada pagi hari ketika tubuh memerlukan energi maka berilah asupan energi untuk memulai kegiatan harian. Dengan tidak melewatkan sarapan kita pagi ini maka tubuh dengan energi penuh akan siap menjalankan rutinitas dan aktifitas apapun pada setiap harinya.

7. Minum segelas air.

Terkadang kita merasa dehidrasi di pagi hari, penyebabnya adalah kita melewatkan asupan kebutuhan cairan bagi tubuh kita, maka minumlah dan biasakan untuk minum segelas air ketika hendak tidur dan pada saat bangun tidur, untuk tambahan manfaatnya dapat menambah peras dan masukan pada minuman kita sepotong lemon hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatan penceranaan kita.

8. Minum vitamin

Banyak dari orang tidak dapat mencukupi kebuthan vitamin bagi tubuh dari makanan yang kita konsumsi, untuk itu kita dapat minum vitamin agar membuat tubuh kita ternutrisi dengan baik sehingga kesehatan kita tidak terganggu. Hal ini juga dapat menjaga nafsu makan kita, karena ketika kita diberikan tugas dan kegiatan yang berat mendorong nafsu makan menjadi lemah yang akan berdampak pada kesehatan kita.

9. Melakukan peregangan

Duduk terus menerus pada layar laptop dengan durasi yang panjang membuat tubuh akan kaku dan berat melakukan pergerakan. Maka peregangan dibutuhkan untuk manjadikan badan enteng dan mudah digerakan pada saat yang dibutuhkan. Lakukanlah beberapa jam sekali seperti beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah untuk meregangkan otot.

10. Lakukan hobi yang kita suka

Setiap orang pasti memiliki hobi, untuk itu lakukanlah pada jam-jam yang memang pikiran dan tubuh membutuhkan untuk dimanjakan. misalnya kita hobi bermainn bola, fitness, bulu tangkis atau hobi olahraga lainnya yang kita sukai. Selain dapat membantu porsi olahraga kita hobi ini akan mudah untuk dilakukan karena dikerjakan dengan senang hati.


Demikian rutinitas harian kita yang mudah untuk dikerjakan dalam membantu kesehatan tubuh kita. Untuk menghasikan dampak yang lebih besar tambahkan rutinitas kegiatan olahraganya yang membantu untuk tubuh kita dalam menjaga kesehatan, tentu dilakukan dengan rutin dan konsisten sehingga tubuh kita akan selalu sehat dan bugar setiap harinya.

Posting Komentar untuk "Rutinitas Harian Untuk Kesehatan"