Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga

6 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga

Disamping mempersiapkan perlengkapan olahraga lari yang diperlukan, juga penting untuk diketahui beberapa hal yang bisa dan tidak dilakukan. Ini untuk mencegah permasalahan yang ada, terutamanya permasalahan kenyamanan dan kesehatan. Menyiapkan perlengkapan lari dan olahraga penting, tapi ada sesuatu hal yang lain perlu anda pahami saat sebelum berolahraga. Berikut beberapa hal apa yang seharusnya Anda jauhi saat sebelum Anda mengawali olahraga lari:


Stretching Exercise
Stretching Exercise


1. Tidak Melakukan Pemanasan

Lakukan pemanasan saat sebelum lari benar-benar penting. Ini untuk menghindar terjadi cidera saat lari. Sebelum mulai, coba melakukan pemanasan 10-15 menit terlebih dulu. Kerjakan pemanasan yang benar, satu diantaranya dengan lakukan lari di tempat. Melakukan langkah lari di lokasi yang benar supaya otot-otot kaki alami peregangan. Disamping menghindarkan cedera, pemanasan yang benar bermanfaat untuk menahan pegal-pegal pada sendi sesudah lari.


2. Kurang Tidur

Jangan pernah Anda memaksa diri untuk lari saat tubuh pada kondisi kurang tidur. Kurang tidur bisa mengakibatkan rasa hilang konsentrasi dan pusing. Oleh karenanya, tidurlah yang cukup saat sebelum lakukan olahraga lari. Tidur yang memadai untuk orang dewasa sekitaran 5-8 jam satu hari, bergantung kondisi masing-masing. Tidur yang memadai bisa membuat tubuh dan pemikiran jadi lebih sehat. Jauhi aktivitas begadang untuk beberapa hal yang tidak perlu. Mulai cintai tubuh Anda.


3. Kurang/Banyak Minum Air

Waktu mengerjakan olahraga lari, tubuh seharusnya tidak pada kondisi dehidrasi. Tubuh harus memperoleh cairan yang cukup, kurang pun tidak berlebihan. Saat melaksanakan olahraga lari, tubuh bisa banyak bergerak hingga bisa keluarkan banyak keringat. Lakukan olahraga lari saat kurang cairan cuman akan jadi parah kondisi badan. Bisa jadi Anda malah alami pingsan. Begitupun saat kebanyak minum air, kelak bisa mengakibatkan kram perut dan mual.


4. Banyak Makan

Tidak boleh lakukan olahraga lari saat tubuh pada kondisi masih kekenyangan. Jauhi makan banyak, sekurang-kurangnya 2 jam saat sebelum lari. Perut yang penuh cuman akan mengakibatkan pusing, mual, dan muntah bila dipaksakan olahraga lari. Oleh karenanya, makan seperlunya saja. Jauhi konsumsi makanan yang terlampau berlemak atau berminyak karena tidak bagus untuk pencernaan. Bisa jadi, sesaat akan lari Anda justru terus ke belakang.


5. Meremehkan Kondisi Kesehatan

Lihat baik kondisi kesehatan Anda saat sebelum lakukan olahraga lari. Tidak boleh terlampau memaksa diri jika memang kondisi fisik tidak sedang baik. Ketahui dan ketahui pertanda kesehatan pada tubuh Anda. Bila alami kecapekan atau sedang tidak begitu sehat untuk olahraga, seharusnya istirahat yang cukup. Masih tetap olahraga saat tubuh tidak sedang bugar cuman akan mengakibatkan permasalahan kesehatan baru. Bukannya jadi sehat, justru jadi makin sakit.


Nah, itu barusan peralatan olahraga lari yang perlu dipersiapkan dan dijumpai. Mempersiapkan peralatan maksudnya supaya lari Anda dapat optimal dan terbebas dari beberapa macam cidera olahraga seperti kram, salah satunya. Disamping itu, juga penting untuk ketahui beberapa hal yang jangan dilaksanakan saat sebelum lakukan olahraga lari. Hal itu agar Anda terhindar dari masalah kesehatan dan cidera. Tetapi di atas itu semua, lakukan olahraga yang benar dan baik agar tubuh sehat dan terhindar dari beragam jenis penyakit.


6. Kurang Penyiapan

Alat dan peralatan olahraga sebagai hal yang harus anda siapkan. Jika anda ingin bermain basket, pakaian basket, bola sampai sepatu sebagai hal yang penting anda persiapkan. Tiap perlengkapan dan peralatan olahraga tidak dibikin sembarangan. Peralatan olahraga digunakan untuk menolong mendukung perform anda di lapangan. Begitupun dengan lari. Persiapkan pakaian dan sepatu lari anda, jika memang perlu pakai waist bag atau armband untuk simpan smartphone dan barang bernilai lainnya.

1 komentar untuk "6 Hal yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga"

  1. SABUNG AYAM TERPECAYA Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Telkomsel & XL !
    Buat Kalian Yang Suka Dengan Sabung Ayam Online Buruan Daftarkan ID Kamu Sekarang Juga Bersama PURNAMA4D
    Agen Sabung Ayam Peyedia Bonus EXTRA Terbesar
    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Cashback Mingguan 5%
    - Bonus HARIAN 10%
    LINK : http://purnama4d1,org/
    (KOMA DIGANTI TITIK)
    WA : +6282160966398

    BalasHapus