Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Langkah Memulai Pola Hidup Sehat

10 Langkah Memulai Pola Hidup Sehat

Pasti ada beberapa hal yang ingin dicapai pada tahun baru ini, kemungkinan dari faktor ekonomi, karier, keluarga, pola hidup, dan yang lain, Tetapi ada satu perihal yang paling penting yakni faktor kesehatan mengingat wabah yang menerpa kesehatan menjadi hal khusus yang harus jadi perhatian.

Beberapa orang yang tidak begitu memahami bagaimana triknya untuk melindungi dirinya sendiri untuk tetap sehat, baik secara fisik dan psikis. Walau sebenarnya hidup sehat dan berbahagia ialah kunci panjang usia. Maknanya, makin berbahagia seseorang, maka besar juga peluangnya orang itu hidup semakin lama. Nah, salah satunya langkah simple yang dapat Anda kerjakan untuk hidup lebih bahagia dan panjang usia yakni dengan mengimplementasikan gaya hidup sehat. Mari simak  10 Langkah Memulai Pola Hidup Sehat di sini.

Berikut beberapa langkah mudah yang dapat Anda kerjakan untuk mengawali gaya hidup sehat:

1. Hindarkan stres


Macet di jalan, deadline pekerjaan atau kerjaan yang mencekik, keuangan yang terganggu, jalinan cinta yang renggang, dan beragam perahara hidup yang lain pasti membuat Anda stres. Saat Anda terasa stres, semua mekanisme pada tubuh Anda akan menanggapinya secara berbeda. Stres yang memiliki sifat akut bisa berpengaruh pada kesehatan Anda keseluruhannya. Nah, oleh karenanya, usahakanlah sedapat mungkin untuk kurangi atau bahkan juga menghindar semua perihal yang dapat membuat Anda stres.

2. Banyak konsumsi air



Langkah awal untuk tingkatkan kesehatan dengan minum semakin banyak air. kelihatannya simpel, tapi ada banyak yang susah untuk minum cukup selama seharian.
Untuk membenahi rutinitas ini, mulai dengan satu gelas besar air pada pagi hari. Saat melakukan aktivitas di luar rumah coba bawa botol dan menyeruputnya selama seharian.
Dan yakinkan itu yaitu air putih. Karena minuman soda, kopi, teh, semakin banyak menghasilkan gula serta bahan kimia yang lain bisa menggagalkan tujuan

3. Banyak makanan serat



Serat ialah bahan makanan yang bisa menolong pencernaan. Salah satunya langkah paling mudah untuk tingkatkan kesehatan dengan menambah lebih banyak makanan kaya serat terutamanya bila sedang jalani diet. Disamping itu serat menolong jaga kandungan kolesterol turun, dan bisa menghindari sembelit atau wasir. Coba konsumsi kurang lebih 30 gr satu hari dari sumber makanan seperti buah-buahan, sayuran, beberapa bijian dan kacang-kacangan.

4. Sering olahraga

Menggerakkan tubuh ialah langkah yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Penelitian sudah menunjukkan jika olahraga ringan bisa meningkatkan atau menjaga peranan kognitif, meningkatkan kualitas tidur, dan mendorong penurunan berat badan.
Sempatkan waktu untuk kegiatan yang kamu gemari seperti jalan-jalan, yoga, dan workout minimal 3x satu minggu.

5. Makan lebih banyak sayuran


Penelitian telah menunjukkan jika orang yang makan semakin banyak sayuran meningkatkan kesehatan mereka secara eksponensial. Ini memperlihatkan jika dalam satu hari sekali minimal dianjurkan untuk konsumsi salad atau sayuran. Dapat pula masukkan tomat, jamur, dan telur untuk asupan pada pagi hari. Dan pada malam hari hidangkan ubi jalar dan kacang polong dengan daging.

6. Bijaksana pilih makanan


Apa yang Anda makan pasti mempengaruhi bagaimana badan Anda bekerja. Oleh penyebabnya, penting untuk Anda untuk memperhatikan tiap-tiap makanan yang Anda konsumsi setiap hari untuk mewujudkan gaya hidup sehat.

Yakinkan jika makanan di piring Anda penuhi konsep nutrisi imbang, yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Tidak boleh hanya tergantung dengan 1 macam makanan pokok saja. Anda dapat menukar makanan pokok dengan jagung, mie, ubi, atau kentang . Sehingga, tidak harus nasi terus.

Lihat juga jumlah makan Anda. Memperhatikan jumlah makan sangat penting untuk menahan Anda alami kegemukan dan terkena bermacam penyakit kronis. Ingat, apa saja yang terlalu berlebih pasti tidak baik untuk tubuh.

Disamping menyeleksi makanan yang hendak dimakan, Anda harus juga bijak dalam memprosesnya. Jauhi mengolah makanan melalui cara digoreng. Anda dapat mengolah makanan secara lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

7. Kurangi gula mulai hari ini


Anda penggila dessert alias makanan manis? Cupcake, es krim, permen, brownies, benar-benar sangat menggonda lidah. Tetapi, mulai hari ini berniatlah untuk mengurangi atau bahkan juga menghindari beberapa makanan itu untuk menjaga gaya hidup sehat.

Hal ini bukanlah tanpa ada alasan. Masalahnya konsumsi gula yang kebanyakan bisa memacu penyakit diabetes. Nah, apabila sudah terserang diabetes, Anda semakin lebih rawan terserang beragam penyakit kronis di masa yang akan datang. Beberapa di antaranya seperti penyakit stroke dan jantung.

Mulai secara perlahan. Apabila umumnya Anda minum kopi dengan 2 sendok gula, sekarang coba cuman satu sendok saja. Setelah terbiasa, Anda dapat hilangkan konsumsi gula benar-benar dalam cangkir kopi yang Anda minum.

Alih-alih minum minuman kemasan, lebih baik Anda makan potongan buah fresh. Disamping lebih sehat, gula yang terdapat dalam buah fresh pasti tidak akan sebanyak yang ada pada minuman paket.
Tidak cuman gula, Anda harus juga pelan-pelan kurangi rutinitas merokok dan minum alkohol.

8. Stop merokok


Stop merokok memang sedikit susah untuk beberapa orang, tapi tidak salah untuk mencobanya. Karena berhenti merokok menjadi satu diantara kunci jadi lebih sehat.  Minggu awal ialah yang paling sulit, tapi sesudah itu kamu akan berasa lebih baik serta lebih bersemangat. 

Adapun faedah kesehatan dari berhenti merokok mencakup Semakin sedikit batuk dan penyakit dada, semakin sedikit resiko penyakit jantung, kanker paru-paru, stroke, mengurangi kesulitan bernapas (yang tingkatkan asma), menurunkan peluang terserang kanker mulut atau tenggorokan.

9. Cukup tidur

Rajin olahraga dan makan makanan yang memiliki nutrisi tinggi dapat berakhir percuma jika Anda sendiri kurang cukup tidur. Menurut Cheri Mah, ahli permasalahan masalah tidur di Stanford University dan University of California, tidur ialah keperluan paling fundamental untuk ke arah gaya hidup sehat.

Tidur jadi sebuah dasar di mana pikiran dan tubuh yang sehat tercipta. Bila landasan ini goyah, tentu saja akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Dimulai dari peranan ketahanan tubuh, energi, selera makan, suasana hati sampai berat tubuh Anda.

Menurut National Sleep Foundation, durasi waktu tidur yang bagus untuk orang dewasa sekitaran 7-9 jam per malam . Maka, yakinkan jika tiap malam Anda tidur minimal 7-9 jam, ya!

10. Puasa Intermiten

Puasa intermiten banyak memiliki fungsi kesehatan, terhitung pengurangan berat tubuh dan kenaikan energi.
Jadi misalkan, kamu bangun jam 6:00 pagi dan belum makan apapun. Makan siang pada jam 11:00. Selanjutnya kamu bisa nikmati camilan pada sore hari, dan makan malam sekitaran jam 18:00. Selanjutnya stop makan pada jam 19.00. Masuk jam 10 malam sudah waktunya tidur agar memperoleh waktu 8 jam penuh istirahat.

Dari ke sepuluh langkah itu peranan paling penting adalah niat. Semua resolusi tidak bisa terjadi tanpa niat. Niat bisa memberi petunjuk dan motivasi dan ide untuk menggapai tujuan itu. Tuliskan niat kamu dan mengucapkan afirmasi untuk hari itu membuat alat visualisasi untuk selalu konsentrasi dan memiliki komitmen untuk capai tujuan kamu.

Posting Komentar untuk "10 Langkah Memulai Pola Hidup Sehat"