Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Dalam Permainan Bulutangkis

Pertandingan bulu tangkis
Perandingan Bulu tangkis

Istilah Dalam Permainan Bulutangkis

Di Indonesia bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga populer kedua, terbukti dengan banyaknya dukungan terhadap pemain atau atlit olahraga bulu tangkis di Indonesia. Permainan yang mirip dengan tenis ini dimainkan dengan satu orang (tunggal) juga dengan pasangan satu tim (ganda). Alat yang digunakan dalam bulu tangkis berupa permukaan bulat yang memiliki semacam benang menganyam di sekeliling bulatan serta ditopang dengan gagang sebagai pegangan yang disebut dengan raket. Raket ini berfungsi sebagai alat pemukul dari kok (shuttlecock) yang masing-masing berusaha menjatuhkannya pada area lawan melewati jaring vertikal diantara lawan yaitu net.

Sejarah olahraga bulu tangkis

Sejarah dari permainan olahraga ini diduga berasal dari Mesir kunu sektar pada 2000 tahun yang lalu, kemungkinan lainnya bulu tangkis disebut juga berkembang di negara India dan Tiongkok. Sejarah lengkapnya dapat diikuti tautan ini Sejarah Permainan Olahraga Bulu tangkis.

Untuk jenis permainan ini perlu menggunakan beberapa peralatan khusus seperti net, raket dan kok atau shuttlecock. Selain itu bulutangkis dibutuhkan pemahaman mengenai istilah-istilah permainannya tersebut, untuk itu mari kita pahami istilah-istilah penting dan wajib diketahui dalam permainan bulutangkis yang disebut juga badminton.

Istilah-istilah bulu tangkis

No Istilah Bulu tangkis Arti istilah
1 Raket Alat   pemukul kok terbuat dari alumunium atau logam berbahan ringan. Kebanyakan   pemain bulu tangkis profesional memilih bahan material dari komposisi   komposti serat karbon (plastik bertulang grafit).
2 Senar Senar merupakan salahsatu yang menjadi perhatian penuh   dari para pemain bulu tangkis. Senar dipilih berdasarkan kinerjanya dalam   melakukan pantulan perpindahan energi pada raket.
3 Kok Kok adalah   bola yang pasti digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis ini. Kok   terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kercut terbuka   dengan pangkal pada ujung bulu berbetuk setengah bola yang terbuat dari bahan   gabus.
4 Umpire   / Match Umpire Umpire atau wasit yang bertugas untuk menjamin   kelancaran dalam pertandingan bulu tangkis.
5 Tournament Referee Perangkat   pertandingan yang bertugas untuk menetapkan peraturan pertandingan.
6 Service   judge Service judge duduk besebrangan dengan Match Umpire   yang bertugas untuk mengawasi dan menentukan sah tidaknya servis yang   dilakukan pemain saat melakukan servis.
7 Line Judge Line Judge   bertempat di sekeliling lapangan yang bertugas sebagai hakim garis dalam   menentukan bola atau kok jatuh diluar garis permainan atau di dalam garis   permainan.
8 Challenge Istilah Challenge dalam bulu tangkis merupakan hak   pemain dalam mengoreksi keputusan Umpire atau line judge untuk melihat   kembali tayangan ulang. Challenge juga dapat diminta oleh hakim garis jika   diperlukan.
9 Servis Servis   merupakan dimulainya permainan, dimana kok dipukul melewati net dengan   ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan, kegagalan dalam memukul servis   dinyatakan gagal jika oleh wasit atau umpire menyebut long, short atau wide.   Sehingga server akan kehilangan poin dan servis berpindah ke pihak lawan   (service over).
10 Reciver Receiver adalah penerima servis dari lawan yang hendak   memukul kok dimulainya permainan, jika umpire menyebut istilah let maka   servis harus diulang, let sendiri istilah ketika penerima servis belum siap   sedangkan kok sudah dipukul oleh server. Pada kasus ini masing-masing poin   tetap tidak dilakukan pengurangan poin permainan.
     
11 Smash Smash   adalah pukulan dengan perpindahan cepat pemain dalam memukul bola yang   ditujukan kok mendarat pada area lawan dengan kecepatan tinggi.
12 Jumping   smash Hampir sama dengan smash, hanya yang membedakan adalah   pemain melakukan lompatan terlebih dahulu sebelum memukul kok. Jumping smash   merupakan kombinasi kekuatan dan ketepatan dalam mendaratkan kok pada area   lawan dengan cepat.
13 Dropshot Istilah bulu tangkis Dropshot   atau chop pukulan pengembalian kok pada area lawan dengan mengurangi kekuatan   pukulan sehingga dapat mematikan langkah lawan dalam mengembalikan pukulan.
14 Netting Strategi dalam menambah poin dengan permainan netting   cukup menyulitkan lawan, dimana kok diharapkan jatuh pada area dekat   net.
15 Lob Penempatan   pukulan yang dijatuhkan dibelakang lawan untuk meraih poin pada pertandingan
16 Drive Pukulan mendatar ke arah lawan dengan cepat disebut   dengan istilah drive
17 Rally Rally   terjadi pada saat pengembalian pukulan dari masing-masing pemain berlangsung   lama sejak dilakukan pukulan pertama pada servis, rally dapat terjadi pula   dengan saling balas pukulan smash ataupun masing-masing enggan melakukan   smash.
18 Straight   Game Istialah ini adalah ketika pemain dapat memenangkan   permainan dengan posisi 2 game menang tanpa balas. Sehingga lawan kalah tanpa   perlu tambahan game selanjutnya.
19 Rubber Game Berbeda   dengan istilah Straight game, Rubber game adalah saat masing-masing pemain   dapat imbang dalam 2 game atau dalam arti lain masing-masing pemain dapat   memenangkan 1 kali game tersebut sehingga 1 game tambahan dilanjutkan untuk   menentukan pemenang dalam permainan.
20 Match Point Match point digunakan pada saat salah satu pemain   mencapai poin ke 20 untuk memasuki game ke dua dan hanya perlu tambahan 1   poin agar dapat keluar sebagai   pemenang game. Atau juga pemain mencapai poin ke 20 saat game ke 3 untuk   memenangkan permainan.
21 Deuce Istilah   deuce adalah pemain masing-masing mengoleksi poin yang sama yaitu 20 poin,   sehingga salah satu pemain harus memberikan jarak 2 angka poin untuk   memenangkan permainan, jika masing-masing pemain sama-sama tidak mampu   memberikan jarak maka aturan batas terakhir sebagai pemenang adalah pemain   yang lebih dulu mencapai poin ke 30 lah yang akan keluar sebagai pemenang.

Demikian istilah yang sering kita dengar dan saksikan dalam setiap pertandingan bulu tangkis, mari kita dukung terus olahraga populer ke dua di Indonesia ini, jika melihat prestasi kita dalam dunia bulu tangkis Indonesia merupakan negara yang diperhitungkan. Karena dalam sejarahnya nama-nama atlit bulu tangkis seperti Rudi Hartono, Susi Susanti Liem Swie King, Icuk Sugiarti, Alan Budikusuma, Ricky Subagja, dan Rexy Mainaky merajai kejuaraan-kejuaraan dunia. Rudi Hartono yang dianggap sebagai maestro bulu tangkis dunia, menjadi juara All England terbanyak sepanjang sejarah perbulu tangkisan Indonesia.

tag : bulu tangkis indonseia, PB Djarum, PBSI

Posting Komentar untuk "Istilah Dalam Permainan Bulutangkis"