Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Bisnis dan Maknanya

Istilah dalam bisnis


Istilah Bisnis yang Perlu Dipahami Pengusaha

Masihkah kita tidak tahu tentang istilah bisnis ? dengan mengetahui dan memahami istilah-istilah bisnis kita dapat berkesempatan menjadi pengusaha yang mempunyai wawasan luas dan dapat percaya diri saat berkomunikasi tentang seputaran dunia bisnis. Menjadi pengusaha tidak hanya memerlukan modal, waktu dan trik dalam berbisnis, juga penting dalam mengetahui istilahnya. Simak beberapa istilah bisnis dan pengertiannya.

Istilah bisnis yang penting untuk kita ketahui sebagai pengusaha :


1. Brand

Brad adalah istilah bisnis yang berarti suati identitas bisnis atau perusahaan yang didalamnya tercantum nama, merk, logo atau gabungan dari komponen tersebut.

2. Branding

Brading ialah suati strategi atau taktik perusahan dalam memperkenalkan sebuah brand kepada target pasar agar dikenal luas. Strategi ini perlu diterapkan dalam bisnis atau usaha agar dapat melekat pada setiap konsumen.

3. Brand Awareness

Istilah ini merupakan citra dari merk dalam bisnis yang menjadi kekuatan dimana pelanggan dapat mengenal brand.

4. Stakeholder

Sekelompok atau gabungan dari pribadi yang dibatasi oleh aturan, operasi, dan arah perusahaan. Contoh stakeholder adalah kelompok orang yang berkepentingan, pegai, investorm kreditur dan saham.

5. Keuntungan

Penghasilan dari usaha yang telah dikurangi modal atau beban kewajiban.

6. Gross

Jika ada keuntungan maka ada juga istilah Gross maknanya adalah jumlah penghasilan yang didapat perusahaan kemudian dikurangi Harga Dasar Pemasaran atau HPP.

7. Net

Istilah Net tentu sering didengar kan, yang maknanya yaitu pengahasilan usaha yang sudah dikurangi ongkos tidak langsung mengenai aktivitas produksi sebuah produk. Jika dalam jual beli biasanya Nett itu adalah harga dari sebuah produk yang tidak dapat ditawar lagi oleh pembeli.

8. Revenue

Revenue adalah penghasilan yang diperoleh usaha atau bisnis dalam periode waktu tertentu. Untuk mengetahuinya revenue yaitu mengkalikan harga barang dalam jumlah yang telah terjual.

9. Kontan Flow

Salah satu istilah dalam laporan keuangan atau disebut juga aliran kas yang tercantum pembagian seperti akseptasi dan pengeluaran kas suatu perusahaan pada masa tertentu.

10. B2B

B2B atau istilahnya business to business yang maknanya transaksi bisnis di antara bisnis satu sama bisnis yang lain tanpa hubungan bersama konsumen setia.

11. B2C

B2C ialah singkatan dari business to customer yang artinya suatu bisnis yang dijalankan melalui pemberian layanan atau pemasaran kepada konsumen setia. Contoh jenis bisnis B2C adalah melakukan hubungan langsung dengan pelanggan bisnis tidak melalui bisnis lain.

12. B2E

B2E singkatan dari Bussines to employe mengacu pada strategi yang diambil oleh perusahaan yang berfokus pada karyawan, bukan pada konsumen. Contoh B2E Bussines to employe yaitu menarik, merekrut, melatih, menempatkan, dan mempertahankan karyawan.

13. Monetisasi

Monetisasi adalah memperoleh uang dari suatu kegiatan atau usaha atau juga produk.

14. Stimulan

Stimulan sebagai reward  atau bonus atau ganti rugi yang diberi manajemen suatu perusahaan kepada pegawainya. Ini merupakan suatu bentuk apresiasi perusahaan dalam memberi pengharggan terhadap kinerja pegawainya.

15. Agunan

Agunan dalam istilah bisnis acuan suatu perusaan berkaitan dengan asset yang ditawarkan oleh peminjam sehingga memperoleh pinjaman. Contoh perusahaan memberi agunan ini pada pihak bank dalam memperoleh modal usaha.

16. Budget Dasar

Budget Dasar dalam bisnis ialah dokumen sah di mata hukum yang mencantumkan ketentuan, misi dan visi sebuah perusahaan. Dengan budget dasar ini bisnis memiliki prinsip dalam pendirian perusahaan yang jelas.

17. Modal

Modal atau modal usaha merupakan kaitan dengan keuangan yang mendukung dalam peranan bisnis, contohnya adalah perlengkapan, inventaris, bangunan, tanah dan lain sebagainya yang merupakan modal suatu perusahaan.

18. Hutang Usaha

Catatan keuangan yang dipinjam dari sebuah bank atau perorangan dalam membuat pelayanan atau suatu produk usaha.

19. Piutang Usaha

Piutang usaha adalah catatan hutang seseorang terhadap bisnis kita atau perusahan kita.

20. Marketing

Istilah yang sering kita dengar ini merupakan kegiatan atau usaha sebuah perusahaan dalam memasarkan produk atau pelayanan kepada konsumen.

21. Pasar Research

Istilah dalam bisnis dikenal juga pasar research yaitu kegiatan yang dilakukan dalam pengumpulan informasi tentang keperluan dan pilihan pelanggan sehingga kita dapat menyedian produk atau pelayanan yang tepat pada target pasar.

22. Pasar Penetration

Pasar penetration mempunyai arti ukuran banyaknya produk atau layanan yang dipakai oleh pelanggan dibanding dengan keseluruhan prediksi pasar.

23. Asset

Asset adalah sumber kekayaan yang dimiliki perusahaan. Bentuk dari aset dapat berupa berbentuk uang, bisa juga bangunan, tanah, kendaraan dan lain sebagainya.

24. Laporan Laba Rugi

Dokumen informasi performa bisnis dalam jangka waktu setahun atau kwartal. Laporan laba rugi dapat menginformasikan jumlah keuntungan dan kerugian suatu perusahaan yang dijalankan.

25. Kapitalis Ventura

Investor yang menyediakan modal untuk suatu bisnis. Contohnya kegiatannya dilaksanakan pada bisnis startup atau bisnis kecil yang ingin berkembang.

26. Investor Malaikat

Investor malaikat yaitu investor pribadi yang memberikan modal terhadap perusahaan yang dijalankan.

27. Deck

Istilah bisnis yang lain yang kerap kali kedengar pada proses usaha dalam menyampaikan deskripsi berkaitan ide atau gagasarn sebuah perusahaan yang dipresentasikan untuk memberikan keyakinan dalam menarik investor.

28. ROI

Return on Investment (ROI) adalah suatu rasio yang didapatkan dari keuntungan atau rugi dari investasi berbanding pada jumlah uang yang telah diinvestasikan. Tujuan dari ROI ini kita dapat melihat seberapa jauh investasi sanggup menghasilkan keuntungan yang diharapkan atau tidak.

29. SWOT

SWOT ialah singkatan dari Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats. Teknik ini kita terapkan untuk dapat menganalisa Kemampuan, Kekurangan, Kesempatan, dan Teror dari bisnis yang sedang ditempuh saat ini.

30. KPI

Istilah KPI atau singkatan dari Key Kinerjance Indicators, kontrol dalam efisiensi bisnis dalam meraih arahnya atau membantu kita dalam mengetahui cara apa yang dapat dilaksanakan menanggapi keadaan perusahaan saat ini.

31. Pantauan kerja

Proses yang dimana seorang manager menilai setiap anggota timnya yang nantinya akan memberikan masukan kepada anggotanya dalam meningkatkan performa kepada perusahaan.

32. A/B Testing

A/B testing sebagai proses pengujian dua versus misal versus A dan versus B untuk membantu dalam mendapat versus yang sanggup bekerja lebih baik.

33. CMS

CMS sebagai singkatan dari Konten Manajemen System. Istilah bisnis yang ini mengacu kepada program (umumnya piranti lunak/software) dalam mengurus semua faktor pembuatan konten digital.

Demikian istilah bisnis yang wajib dikenali dan diketahui seorang pengusaha, semoga artikel ini dapat memberikan informasi seputar dunia usaha kita.

Posting Komentar untuk "Istilah Bisnis dan Maknanya"