Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Menghilangkan Bau Badan

Langkah Hilangkan Bau Badan

Bau badan bisa menurunkan rasa percaya diri Anda. Tetapi jangan cemas, ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang dapat Anda lakukan di dalam rumah, dimulai dari mengubah gaya hidup sampai memanfaatkan beberapa bahan alami.

Keringat sebetulnya tidak bau. Bau badan baru terjadi saat bakteri di kulit berkembang biak dan merusak protein dalam keringat jadi asam.

Selain bakteri di kulit, timbulnya bau badan bisa juga dipengaruhi oleh perubahan hormon androgen pada tubuh. Berikut salah satunya alasan kenapa remaja yang berada di masa pubertas seringkali mengalami bau badan.

Berikut ialah cara-cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

1. Mandi Secara Teratur

Mandi dengan teratur sedikitnya sekali dalam satu hari ialah cara menghilangkan bau badan yang terbaik dan mudah. Dengan langkah ini, kulit Anda akan bebas dari bakteri, debu, dan kuman, yang bisa mengakibatkan bau badan.

Saat mandi, yakinkan untuk membersihkan anggota badan yang rawan berkeringat, seperti ketiak, selangkangan, leher, dan muka, sampai benar-benar bersih.

2. Memakai Sabun Antibakteri

Untuk memberantas bakteri di kulit pemicu bau badan, Anda dapat memakai sabun yang memiliki kandungan zat antibakteri. Walaupun begitu, sabun macam ini kemungkinan tidak cocok bila Anda mempunyai kulit yang kering atau peka.

Bila kulit Anda sering mengalami iritasi selesai menggunakan sabun itu, Anda dapat menggantinya dengan sabun yang memiliki kandungan pelembap dan tidak mengandung pewangi, misalkan sabun bayi.

3. Keringkan Badan Dengan Benar

Trik menyingkirkan bau badan selanjutnya adalah pastikan Anda selalu mengeringkan wilayah penghasil keringat, seperti ketiak dan selangkangan. Bila sisi itu kering dan bersih, bakteri pemicu bau badan akan lebih sulit berkembang biak.


4. Batasi Konsumsi Makanan Dan Minuman Tertentu

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari bau badan, satu diantaranya dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan pemicunya. Makanan seperti bawang, daging kambing, daging sapi, dan makanan pedas merupakan beberapa penyebab bau badan. Disamping itu, minuman mengandung kafein bisa juga mengakibatkan munculnya bau badan.

5. Jangan Biarkan Badan Berkeringat Terlalu Lama

Salah satu cara ialah segera bersihkan tubuh saat berkeringat. Persiapkan tisu, sapu tangan, atau handuk kecil untuk mengusap keringat Anda. Dengan demikian, Anda tidak memberikan peluang untuk bakteri penyebab bau badan untuk berkembang biak di kulit Anda.

6. Mencukur Bulu-bulu Ketiak

Langkah yang lain dapat dilaksanakan supaya tidak bau badan dengan mencukur bulu ketiak Anda. Menurut sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology, cukur rambut di ketiak bisa membantu mengurangi bau tidak sedap. Ini karena kulit yang dicukur lebih mudah untuk dibersihkan bila dibanding dengan kulit yang memiliki rambut.

7. Mencoba Teknik Relaksasi

Stres dan beban pikiran sebagai satu diantara penyebab keringat berlebihan. Mengakibatkan, depresi membuat Anda lebih mudah mengalami bau badan.

Bila ini ialah pemicu bau badan Anda, Anda bisa mencoba beberapa tehnik relaksasi sebagai langkah untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap itu.
Contoh-contoh aktivitas rileksasi yang dapat Anda lakukan, yakni yoga, meditasi, atau sekadar menghirup lilin aromaterapi.

8. Tentukan Deodoran Yang Benar

Salah satunya langkah menyingkirkan bau badan yang cepat dan efektif, yakni memakai deodoran.
Kemungkinan perlu seringkali berusaha untuk menemukan deodoran yang sesuai dengan biokimia dan kebutuhan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Menghilangkan Bau Badan"