Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Sablon Terbaik Untuk Pembuatan Kaos

Jenis Sablon Terbaik Untuk Pembuatan Kaos

Apakah peluang bisnis kaos sablon masih populer dan menjanjikan pada tahun 2024 ? jawabannya tentu saja masih. Bisnis kaos adalah salah satu peluang usaha yang sampai saat ini tidak akan pernah surut walaupun tahun terus berganti. Maka peluang bisnis kaos tahun 2024 masih tetap menjamin dan menjanjikan bila akan merintis bisnis dari awal atau sedang mengembangkan bisnis kaos saat ini. 

Jenis sablon terbaik untuk kaos

Bisnis kaos tentu akan berhubungan dengan sablon. Oleh karena itu perlu kita ketahui bahwa kaos-kaos distro dan kaos lainnya yang menyertakan sablon perlu memperhatikan jenis sablon apa yang paling bagus untuk menjamin kualitas dan memberikan karakter pada bisnis kaos kita. Jika memang kita bukan yang menjalankan bisnis kaos, misal saja kita ingin mengetahui jenis sablon untuk pembuatan custom t-shirt dari yang ditawarkan di e-commerse. Ada begitu banyak jenis sablon yang bagus dan sablon yang paling bagus untuk kaos utamanya. Simak beberapa jenis sablon yang telah kita rangkum sebagai referensi dan pengetahuan mulai dari jenis sablon yang bagus, perbedaan sablon.

Sablon Rubber

Sablon rubber atau yang artinya sablon karet merupakan jenis sablon yang dapat mengisi atau menutup serat kain dengan baik. Sehingga jenis sablon rubber ini hasilnya akan elastis seperti karet sesuai dengan jenis namanya. Jenis sablon rubber memiliki nilai kepekatannya tinta yang tinggi sehingga jenis sablon rubber cocok untuk penyablonan dengan kain yang berwarna gelap. Hal yang penting dari jenis sablon rubber ialah tinta yang lebih awet dan tahan lama, selain itu jenis ini dapat digunakan juga sebagai dasar dari penyablonan sebelum menggunakan jenis sablon lainnya. 

Sablon DTG (Direct to Garment)

Apa itu jenis sablon DTG ?, Rekomendasi jenis sablon terbaik dan paling populer saat ini adalah jenis sablon DTG atau istilah lainnya  (Direct to Garment). Jenis sablon ini merupakan jenis sablon dengan tingkat kedetailan tinggi karena proses penyablonan menggunakan printer khusus yang dapat mencetak langsung pada kaos. Tinta yang digunakan pada jenis sablon DTG (Direct to Garment) adalah tinta jenis khusus yaitu tinta tekstil. Seperti fungsi dari printer yang sering dijumpai sehari-hari maka pencetakan sablon tentu memiliki akurasi pendetailan yang tinggi sehingga dapat melakukan penyablonan berbagai warna bahkan dapat mencetak sablon dengan gradasi warna sekalipun. 

Sablon DTF (Digital Transfer Film)

Hampir sama dengan jenis sablon DTG, jenis sablon DTF atau Digital Transfer Film juga menggunakan tinta khusus dan printer hanya dalam proses pembuatan sablonnya rencana sablon akan dituangkan atau dicetak pada kertas film terlebih dahulu yang kemudian hasil cetakan kertas film ditekan atau di-press pada media kaos. Selain dari penggunaan printer, tinta khusus dan kertas film metode penyablonan dengan jenis Sablon DTF membutuhkan juga perekat dari lem sablon yaitu lem sablon berupa bubuk halus. Perbedaan jenis sablon DTG dan DTF yaitu jenis sablon DTF tidak dapat melakukan penyablonan berwarna gradasi.

Berikut perbedaan antara jenis sablon DTG dan DTF

Sablon DTF Sablon DTG
Warna lebih solid Pengerjaan cepat
Mencetak warna desain full color Mencetak gambar full color, gradasi warna
Sablon yang kuat dan tidak retak Tidak perlu media kertas film
Cocok untuk sablon logo Cocok untuk kuantitas kecil
Dapat menyablon berbagai media Bahan media terbatas
Tekstur sablon lentur dan halus Hasil cetak lebih halus
Tidak bisa untuk gradasi warna Harga lebih mahal
Lebih mahal Rawan rusak pada mesin
Biaya produksi tinggi Sablon kurang variatif
Modal dan mesin mahal

Sablon Plastisol

Sablon jenis plastisol adalah jenis sablon manual dari tinta minyak atau terdiri dari bahan PVC (poly vinyl chloride) dengan campuran plasticizer. memiliki tingkat daya rekat yang kuat dibanding jenis tinta sablon lainnya. Penggunaan tinta tersebut memiliki keunggulan istimewa dibanding jenis tinta lainnya sehingga menjadi pilihan banyak orang sebagai tinta sablon. Hasil yang didapatkan dari jenis sablon ini lebih cerah  dan daya tahan tinggi karena melekat kuat pada kait meski sering dicuci sehingga tidak mudah memudar dan rusak. Kekurangan dari jenis sablon plastisol adalah sensitif terhadap suhu panas sehingga jenis sablon ini tidak dapat digunakan pada semua jenis bahan atau media sablon.

Sablon Polyflex

Sablon yang menjadi salah satu jenis sablon digital dan tidak ada batasan pemesanan minimum sering dipakai dalam pemesanan atau dipakai dalam pembuatan sablon nomor pada jersey. Selain itu hasil dari penyablonan jenis polyflex minciptakan warna-warna padat dan solid dalam memberikan ketajaman warna sablon. Jenis bahan atau media sablon dapat digunakan di semua jenis bahan katun hingga polyster.

Sablon Pigmen

Sablon pigmen menjadi salah satu pilihan paling banyak menggunakan jenis sablon ini dan menjadi salah satu jenis sablon terbaik. Tinta jenis sablon ini sangat mudah menyerap kedalam serat kain sehingga sangat bagus digunakan pada kain yang berwarna terang.  Berbeda dengan jenis sablon rubber yang cocok untuk kain yang berwarna gelap maka pilihan terbaik untuk memilih jenis sablon untuk warna yang terang maka jenis sablon pigmen adalah pilihan yang paling tepat.

Tips Memilih Jenis Sablon Kaos

Dari beberapa jenis sablon di atas masih ada beberapa jenis sablon, seperti jenis sablon flocking, jenis sablon super white, sablon discharge, sablon glow in the dark dll. Tentukanlah pemilihan sablon yang tepat untuk bisnis kita berdasarkan tipe media sablon atau kaos menyesuaikan kebutuhan. Tips memilih jenis sablon yang sesuai dapat kita tentukan dengan jenis tipe kaos seperti seperti berikut :
  • Kaos distro : jenis sablon yang cocok adalah plastisol, Superwhite dan flocking
  • Kaos grup/kelas, organisasi atau perusahaan : jenis sablon paling tepat adalah jenis sablon plastisol
  • Kaos promosi : jenis sablonnya adalah adlah rubber atau pigmen
Maka dalam memilih jenis sablon tentu kita perlu memperhatikan jenis bahan kaos atau media sablon yang akan digunakan, jenis tinta sablon, bentuk desain pada media sablon dan terkhir adalah warna kaos yang menyesuaikan jenis tinta sablon.

Demikian penjelasan berkaitan tentang jenis-jenis sablon untuk peluang bisnis kita. Karena itu, pada tahun 2024, peluang bisnis kaos sablon tetap populer dan menjanjikan. Bisnis kaos, khususnya kaos distro, memerlukan perhatian pada jenis sablon yang dapat menjamin kualitas dan memberikan karakter pada produk. Bagi mereka yang tertarik dengan pembuatan custom t-shirt melalui e-commerce, penting untuk mengetahui perbedaan antara berbagai jenis sablon yang tersedia. Jangan lupa simak juga artikel 9 peluang bisnis grosir laris manis

Posting Komentar untuk "Jenis Sablon Terbaik Untuk Pembuatan Kaos"