Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut dapat mengganggu aktivitas karena akan menyebabkan hilangnya kepercayaan diri. Ada beberapa cara dengan cepat yang dapat kamu lakukan, simak apa sajakah tips cara menghilangkan bau mulut berikut.

Lebih dari 90 persen kasus seperti ini yang terjadi pada bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor karena bakteri. Setiap kali kita makan-makanan, sisa-sisa potongan pada makanan dapat menempel atau tersangkut di sela gigi kita.

Cara menghilangkan bau mulut
Tips menghilalangkan bau mulut

Penyebab bau mulut biasanya disebabkan oleh beragam hal kesehatan. Selain masalah kesehatan, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan.

Ada beberapa cara yang dapat kita dengan mudah lakukan untuk menghilangkan bau mulut, seperti tips di bawah ini yaitu di antaranya :


1. Minum Air Putih yang Cukup

Cara menghilangkan mau mulut dengan cepat dapat dilakukan dengan cara minum air putih yang cukup. Mulut akan terasa kering dan bau tidak sedap saat tubuh mengalami kekurangan cairan. Disamping itu selain menghidrasi tubuh, air putih dapat menjaga kelembapan mulut dan membilas bakteri penyebab bau mulut. Kita sebaiknya harus selalu minum air putih yang banyak setelah selesai makan, karena hal ini bertujuan agar dapat membilas sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di mulut.

2. Seringlah untuk Menyikat Gigi

Parasit adalah merupakan salah satu penyebab bau di dalam mulut. Kotoran yang menumpuk di dalam gigi akan mengumpulkan bakteri penyebab bau mulut. Untuk itu rajin sikat gigi setidaknya satu kali sehari dan perlu diingat jangan terlalu berlebihan juga.

3. Flossing gigi  

Flossing adalah merupakan teknik cara dalam membersihkan sela-sela gigi menggunakan seperti benang gigi. Benang gigi ini dapat membantu membersihkan sisa makanan di dalam mulut yang tersangkut di sela gigi dan tidak terjangkau oleh bulu sikat gigi.

4. Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut yang efektif. Obat kumur dapat mencegah terbentuknya plak gigi yang bisa memicu bau mulut.

5. Mengunyah permen karet

Untuk mencegah mulut kering yang dapat menimbulkan bau mulut, kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula. Mengunyah permen karet diketahui dapat merangsang produksi air liur.

6. Membersihkan Lidah

Bukan hanya gigi saja yang perlu dibersihkan. Lidah yang juga merupakan sarang bakteri harus dibersihkan agar tidak menyebabkan bau mulut tak sedap.

7. Ganti Sikat Gigi Dengan Rutin

Untuk mencegah bau mulut, biasakan rutin mengganti sikat gigi selama 2 sampai 3 bulan sekali. Anda juga bisa mengganti sikat gigi setelah sembuh dari sakit.


Demikian informasi bagaimana cara menghilangkan bau mulut, seringlah menjaga kebersihan mulut agar terhindar dari bau mulut sehingga kembalinya percaya diri disaat mengobrol tanpa ada khawatir terhadap bau mulut tidak sedap.


tag :

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Mulut"