Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana tips membangun bisnis online?

Bagaimana tips membangun bisnis online?

Pada saat ini banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan dan memanfaatkan dunia online untuk bagaimana cara memulai bisnis, cara mendapatkan peluang usaha dan cara menciptakan peluang bisnis online. Banyak hal yang dapat kita kerjakan dan manfaatkan dengan kemajuan teknologi saat ini yang kian hari makin berkembang dengan cepat. Tentu pengusaha dan orang-orang yang telah lama dulu sudah mengetahui bagaimana cara mendapatkan peluang usaha online yang menguntungkan. Dengan demikian ada baiknya kita mencermati dan menyusun rencana pembangunan bisnis online dengan merancang sebaik mungkin tahapan memulai bisnis online. Berikut beberapa tips membangun bisnis online yang dapat kita lakukan untuk memulainya.

Bagaimana langkah memulai bisnis online
Bagaimana langkah memulai bisnis online


1.Menentukan jenis bisnis/produk

Ide bisnis bagi pemula sangat penting untuk tetapkan terlebih dahulu. Bisnis online ada kalanya kita bingung mencari peluang terbaik apa yang akan kita jual dan pasarkan agar supaya produk kita laku dan meningkat di dunia pasar yang akan kita jual. Untuk itu sebelum memulai bisnis, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis bisnis atau produk apa yang mau kita jual secara online supaya tepat sasaran. Misalnya, kita menentukan jenis bisnis atau produk seperti bidang fashion, kuliner, kecantikan, jasa dan lain-lain. Disisi lain perlu pertimbangan kekuatan dan kemampuan kita untuk memulainya jika jenis bisnis atau produk kita sanggup kita jalankan dari segi modal atau dari segi penunjang lainnya, jika memang kita masih belum sanggup kita pilih bisnis lain atau kita memulai denga menjadi reseller ataupun dropshipper.



2. Menentukan market dan berinovasi

Target market terkadang luput dari kebanyakan pemula, padahal poin ini sangatlah penting untuk bagaimana memperpanjang usia bisnis kita dan cara mengembangkan bisnis. Hal yang penting ketika menjalankan sebiah bisnis ada;ah menganalisa pasar dan menentukan pasar yang ingin kita sasar. Dari sinilah kita dapat membuat atau menciptakan inovasi baru dari produk atau bisnis yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga bisnis atau produk kita tidak salah dalam target pasar.



3. Melakukan promosi

Bagaimana cara melakukan promosi ?, terkadang pertanyaan tersebut selalu saja muncul di benak kita dalam memulai bisnis online atau produk yang telah kita tentukan. Penggunaan bisnis online atau penjualan produk kita sumber kekuatannya adalah pada prmosi itu sendiri. Melakukan promosi sangatlah vital posisinya, itulah mengapa banyak iklan atau promosi di dunia online tidak lain tujuannya untuk mengenalkan produk dan memasarkannya. Promosi melalui media sosial atau media digital lainnya saat ini sangat mudah, maka usahakan produk dan bisnis kita sesering mungkin melakukan promosi tersebut. Contoh promosi yang efektif adalah menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook dan media sosial yang sering kita pakai.



4. Membuat akun di market place

Jika langkah promosi kita telah lakukan, maka hal selanjutnya adalah membuat dan menjalankan akun di market place, saat ini online shop sangat memegang peranan penting dalam mencapai penjualan maksimal bisnis atau produk yang kita tawarkan, tentu butuh keuletan dan konsisten yang tinggi agar dapat bersaing dengan user yang telah lama berkecimpung di dalamnya. Buatlah akun online shop seperti di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Online shop lainnya yang tinggi aktivitas penggunaanya.



5. Menggunakan Whatsapp sebagai media promosi

Kenapa WhatsApp? Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, Pengguna internet di Indonesia ada 171 juta atau 64,4 persen, di mana 83 persen dari 171 juta itu adalah pengguna WhatsApp. Kebayang ga? Banyaknya pengguna WhatsApp saat ini? Masih ragu untuk menggunakan WhatsApp sebagai media untuk melakukan promosi?

Demikian lah bagaimana cara membangun bisnis online dan memulai menjalankan usaha bagi pemula. JIka memang kita serius dan konsisten maka usaha kita akan membuahkan hasil yang terbaik senilai dengan usaha dan pengorbanan sesuai dengan apa yang kita jalankan.



Tag:

Cara bisnis online untuk pemula tanpa modal

Ide bisnis pemula

Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Sendiri yang Bisa Anda Terapkan

Sebelum Memulai Bisnis apa yang bagus untuk pemula



Kunjungi juga situs Artikel lainnya di www.ardasik.com dan kumpulan tutorial Autocad Civil 3D di ceritakemul.blogspot.com

Kunjungi juga

1 komentar untuk "Bagaimana tips membangun bisnis online?"

  1. Thanks atas sharingnya, sangat bermanfaat, sekarang jadi lebih paham mengenai strategi membangun bisnis online

    BalasHapus