Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alternatif Obat Batuk Alami untuk Anak yang Ampuh

Alternatif Obat Batuk Alami untuk Anak yang Ampuh

Obat batuk alami menjadi satu diantara alternative untuk menyembuhkan anak. Produk herbal itu sering dipakai sebagai pengganti obat yang dipasarkan di apotek.

Batuk pada anak


Seperti didapati, obat batuk berbentuk sirup untuk saat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Obat sirup diduga memiliki kandungan zat beresiko sebagai penyebab tidak berhasil ginjal kronis misteri pada anak.

Dengan demikian, berganti ke obat alami pasti menjadi opsi sekarang ini. Disamping aman untuk dikonsumsi, obat alami mudah dijumpai, bahkan juga kerap dikonsumsi setiap hari.

Obat alami ini bisa juga dimakan dengan cara dikombinasikan. Umumnya dilakukan pada rempah-rempah dapur yang telah tersedia di dalam rumah.

Berikut obat batuk alami yang ampuh dan mudah untuk dicari sebagai alternatif pada saat isu sekarang pada obat sirup.


1. Madu


Obat batuk alami yang dianjurkan pertama kali yang dapat dikonsumsi yaitu madu. Dikutip dari beberapa sumber, madu lebih ampuh meredakan batuk dibanding obat batuk lainnya secara umum.

Cara mengonsumsinya juga cukup mudah dan sederhana. Cukup dengan menambahkan dua sendok teh madu serta sama air hangat. Kemudian dapat berikan atau minumkan pada anak 1-2 kali satu hari untuk mencairkan dahak dan mengatasi batuk.

Untuk menambahkan varian pada minuman madu ini, madu bisa juga digabungkan dengan ramuan obat batuk alami yang lain. Ini dapat dilakukan jika anak inginkan rasa yang lebih disukai dan nikmati untuk mencipatakan rasa enak untuk diminum.

Tetapi harus diingat, madu cuma bisa diberi untuk anak di atas setahun. Karena Pada bayi, madu bisa mengakibatkan botulisme atau keadaan serius di mana anak alami kejang, otot kaku, karena bakteri pada senyawa tertentu jadi harap untuk diperhatikan.


2. Air Garam

Di rumah tentu selalu tersedia garam, Air garam dijumpai mempernyerap cairan berlebihan dari jaringan tenggorokan yang bengkak. Maka dari itu, beberapa orang yang menggunakan air garam untuk mengatasi permasalahan tenggorokan termasuk mengurangi batuk.

Cara mengkonsumsinya benar-benar mudah. Cukup dengan menambahkan satu sendok teh garam ke segelas air hangat. Seterusnya meminta anak untuk berkumur pada bagian belakang kerongkongan sepanjang sesaat saat sebelum membuangnya.

Air garam itu seharusnya tidak diberi pada anak yang tidak dapat berkumur. Anak yang tidak dapat berkumur umumnya akan menelan air garam itu.


3. Jahe

Ramuan herbal satu ini sering sekali dianjurkan oleh orang tua kita yang terbukti mengobati batuk pada anak. Jahe ialah obat batuk alami untuk anak yang bisa dibuktikan ampuh meredakan batuk dan melegakan pernafasan.

Senyawa anti inflamasi dalam jahe dapat menenangkan membran di aliran pernafasan, hingga mengurangi batuk kering atau batuk asma.

Cara mengonsumsinya dapat dengan memendam 20-40 gr potongan jahe ke satu gelas air panas. Setelah itu diamkan waktu beberapa saat sebelum untuk diminum. Umumnya ini disebutkan sebagai air rebusan jahe.


4. Kencur

Selatin obat jahe adapun kencur diyakini jadi obat alami yang dipakai untuk mengatasi batuk pada anak. International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences mengatakan jika kencur bubuk digabung dengan madu ialah ekspektoran obat alami.

Cara mengonsumsinya dengan memarut kencur lalu menambahkannya sama air atau rebus kencur parut bersama air. Kemudian disaring lebih dulu saat sebelum meminum supaya lebih mudah untuk di cernah oleh anak.


5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan curcumin, senyawa yang mempunyai karakter anti inflamasi, antivirus, dan antibakteri. Kunyit sebagai obat batuk alami untuk anak untuk meredakan gejala batuk kering.

Cara mengonsumsinya, dapat membuat jadi golden milk alias susu kunyit yang tren. Juga bisa dibuat jadi minuman yang digabung madu, garam, atau lada hitam untuk membuat bertambah manfaatnya.


6. Minum yang Cukup

Minum yang cukup adalah obat yang paling mudah namun tetap ampuh. Yakinkan anak terhidrasi secara baik saat batuk.

Satu diantaranya dengan minum air yang cukup atau sama dengan 0,23 liter setiap jumlahnya. Tawarkan air minimal tiap satu atau dua jam sekali.


7. Beri Balsem Anak

Memoleskan balsem di dada dan kaki anak bisa dibuktikan berguna untuk obat batuk alami. Tetapi, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter anak saat sebelum menggunakan produk balsem ini.

Sebuah penelitan menunjukkan balsem tidak selama-lamanya aman bila dibalur ke dada anak. Karena, bila usainya masih balita karenanya ada peluang dapat menyentuh mata pada anak kesayangan kita. Rekomendasi balem anak dapat kunjungi Merek balsem anak batuk pilek.


15. Minum dan Makan yang Hangat

Minum dan makan suatu hal yang hangat bisa juga meredakan batuk pada anak. Cairan hangat seperti teh bebas cafein, atau air panas dengan lemon bisa membantu mencairkan lendir dan meredakan sakit kerongkongan.

Disamping itu, anak bisa juga diberi makanan yang hangat. Seperti sup atau kaldu yang dicintai anak-anak.


Demikian cara menyembuhkan batuk pada anak dengan obat herbal alami yang mudah dicari di rumah kita. Cari tahu tips kesehatan lainnya di tips kesehatan.


Posting Komentar untuk "Alternatif Obat Batuk Alami untuk Anak yang Ampuh"