Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Bumbu Dapur

MACAM-MACAM BUMBU DAPUR

Bumbu atau juga bumbu dapur ialah zat yang merupakan dari tanaman beraroma yang sering kita campurkan kedalam masakan yang agar dapat menyedapkan makanan yang akan kita masak atau buat. Bumbu biasanya tidak akan bertahan lama dibandingkan dengan rempah-rempah yang memiliki ketahanan yang lebih lama dikarenakan sifat yang kering. Penting untuk kita terutama ibu-ibu rumah tangga dalam mengolah atau menghidangkan setiap masakan agar menjadi lezat dan disukai keluarga kesayangan kita. Mari kita simak macam-macam bumbu masakan dan manfaatnya.

Bumbu-bumbu dapur
Bumbu-bumbu dapur



1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu yang berasal dari wilayah Asia yang merupakan tanaman yang sudah lama digunakan sekitar 7000 tahun lamanya dalam campuran masakan bahkan sebagai salah satu yang dapat dibuat sebagai pengobatan. Selain itu bawang putih merupakan salah satu campuran bumbu hampir disemua masakan di Indonesia, cara pengolahannya pun biasanya dengan cara dihaluskan atau digeprek sebelum ditumis pada penggorengan. Nah untuk manfaatnya bawang putih dapat membuat masakan lebih lezat dan beraroma harum, disamping itu juga bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

Bawang Putih
Bawang Putih


2. Bawang Merah

Seperti seolah dipasang-pasangkan dimana ada bawang putih disitu ada bawang merah, salah satu bumbu masakan ini juga sering digunakan pada masakan di Indonesia, yang paling banyak biasanya yang sering dihidangkan adalah bawang goreng yang merupakan bahan utamanya tak lain adalah bawang merah ini. Maka bawang merah ini sering muncul pada makanan seperti sop, bubur ayam atau soto karena memang bawang ini sangat nikmat untuk di santap sebagai penyedap rasa. Selain sebagai penyedap rasa bawang merah ini juga bermanfaat sebagai obat yaitu untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit 

Bawang Merah
Bawang Merah


3. Bawang Bombay

Bentuk yang besar dan memiliki aroma yang khas dibanding dengan bawang merah, salah satu jenis bawang bombay ini awalnya kurang populer di masakan Indonesia, namun setelah sekian lama bawang bombay menjadi salah satu yang populer saat ini, bukan hanya sebagai bumbu masakan juga dapat dijadikan sebgai hiasan pada hidangan masakan. Menurut sejarahnya bawang bombay ini berasal dari Asia Tengah kemudian menyebar ke Eropa dan India sedangkan penyebaran ke Indonesia sendiri berawal dari perdagangan India yang masuk ke Indonesia pada masa itu. Jenis bawang bombay ada dua yaitu bawang bombay merah dan bawang bombay putih. Untuk manfaat bawang bombay pada masakan ialah sebgai penyedap masakan alami, pengental masakan dan membuat masakan menjadi harum.

Bawang Bombay
Bawang Bombay


4. Macam-macam Cabai

Bumbu satu ini merupakan bumbu yang hampir digemari setiap orang pada masakan, tidak menantang jika masakan hanya berasa manis atau asam saja. Seumpanya sebgai peran antagonis cabai menciftakan rasa pedas pada masakan sehingga sensasi rasa akan luar biasa ketika kita merasakan rasa pedas pada masakan yang dihidangkan. Namun tidak baik jika kita mengkonsumsi secara berlebihan pada bumbu masakan ini karena akan mengganggu pencernaan. Akan tetapi jika mengkonsumsinya secara tidak berlebihan ada manfaat yang akan diperoleh seperti mengurangi nyeri sendi, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah resiko kanker dan penyakit jantung, dan bisa membakar lemak dalam tubuh. 

Macam-macam Cabai
Macam-macam Cabai


5. Merica Atau Lada

Merica atau lada bentuknya bulat-bulat kecil dan biasanya disebut lada ketika sudah ditumbuk halus.Untuk jenisnya ada dua yaitu lada hitam dan lada putih perbedaan dari keduanya hanya pada waktu dipanen saja, dimana lada hitam dipanen pada saat umurnya masih muda sedangkan lada putih dipanen pada saat umurnya sudah matang.Untuk rasa dari lada sendiri memberikan rasa pedas yang menghangatkan.

Merica atau Lada
Merica atau Lada


6. Ketumbar

Hampir sama tapi tak serupa dengan Merica atau Lada ketumbar memiliki ciri khas sendiri, jika dibandingkan dengan lada, ketumbar memiliki warna putih agak ke emasan dan memiliki garis-garis hitam pada permukaanya. Nah jika kita yang terbiasa menggunakan ketumbar atau merica tentu dapat dengan mudah membedakannya. Dari rasa sendiri ketumbar memiliki aroma khas gurih dan kuat, manfaat dari bumbu ketumbar pada masakan banyak digunakan campuran bumbu tempe goreng, bacem dan dendeng. karena rasa dan aromanya tersebut manfaat lainnya yaitu menyamarkan bau amis saat memasak ikan.

Ketumbar
Ketumbar


7. Jahe

Salah satu rempah khas Indonesia sejak zaman nenek moyang kita dahulu jahe ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Banyak minuman saat ini menjadikan jahe sebagai bahan utamanya, selain menghangatkan tubuh juga dapat menyehatkan.Manfaat penggunaan jahe pada bumbu masakan yaitu menjadikan masakan terasa sedap dengan aroma dan rasa yang khas. Manfaat lainnya jahe dapat sedikit mengurangi pemakaian gula dikarenakan rasa dari jahe sedikit manis.

Jahe
Jahe


8. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Biasanya kunyit sering digunakan sebagai bumbu masakan sejenis gulai, kare dan tongseng kunyit juga digunakan untuk memberi warna kuning oranye cerah pada masakan, terkadang kunyit sendiri menjadi bahan pengawet. 

Kunyit
Kunyit


9. Kencur

Baik kencur maupun kunyit selain untuk campuran masakan juga dapat diolah menjadi ramuan jamu tradisional di Indonesia. Bumbu sebagai campuran masakan ini salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat obat dianggap lebih aman, lebih efektif, dan memiliki efek samping yang lebih kecil dibandingkan dengan bahan kimia.

Kencur
Kencur


10. Lengkuas

Tanaman yang dapat hidup di dataran tinggi dan dataran rendah ini banyak ditanam pada wilayah Asia. Selain sebagai campuran masakan untuk jenis lengkuas merah dapat menjadi salah satu jenis tanaman untuk pengobatan tradisional pada permasalahan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Untuk campuran bumbu masakan lengkuas tidak dicampurkan atau dihaluskan seperti bumbu yang lainnya, pengolahannya hanya sedikit ditumbuk dan dimasukan pada masakan. 

Manfaat lengkuas pada masakan seperti yang telah diketahui, lengkuas dapat memberikan aroma khas dan pedas didalamnya yang biasa dipakai pada pengolahan daging agar menyamarkan bau dagingnya. Manfaat lainnya jika mencampurkan lengkuas pada olahan makanan dapat memperkuat aroma makanan dan menciptakan cita rasa pada masakan. 

Lengkuas
Lengkuas


Baca juga :



11. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu dari jenis jeruk, hanya saja jeruk nipis ini tidak untuk dikonsumsi sebagai cuci mulut. Rasa segar dan khas yang begitu berkarakter jeruk nipis dapat juga dijadikan sebagai olahan minuman segar. Nah, jika dicampurkan pada masakan atau olahan makanan, jeruk nipis mampu membuat makanan menjadi lebih beraroma dan lebih segar. Jeruk nipis juga mampu menghilangkan bau amis pada ikan atau olahan daging.

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis


12. Jeruk Purut

Buah jeruk berbentuk bulat berkulit keriput ini dapat mengeluarkan aroma yang begitu segar dan wangi, pada kebanyakan penggunaan jeruk ini lebih banyak digunakan pada daunnya. Sedangkan pada buahnya jeruk purut dipercaya dapat mengilangkan bau amis pada olahan ikan dan daging.

Jeruk Purut
Jeruk Purut


13. Daun Jeruk

Salah satu yang banyak digunakan untuk penyedap makanan adalah daun jeruk, Aroma harum dari daun jeruk berasal dari kandungan minyak atsiri di dalamnya. Jika ingin meningkatkan selera makan pada makanan gunakanlah salah satu rempah daum jeruk ini, untuk pengolahannya biasanya cukup masukkan pada olahan masakan sebelum sesaat makanannya matang.

Daun Jeruk
Daun Jeruk


14. Daun Salam

Aroma khas pada makanan menggunakan daun salam cukup melezatkan masakan, daun salam banyak digunakan pada masakan tradisional di Indonesia. Manfaat daun salam pada olahan masakan berkuah seperti semur, sup dan gulai biasanya dapat untuk memberikan aroma khas pada hidangan.

Daun Salam
Daun Salam


15. Batang Serai

Serai memberikan aroma sedap pada masakan, terutama pada berbagai masakan yang membutuhkan banyak bumbu seperti soto, opor, gulai dan kare. Seringkali aroma makanan tak akan sedap jika tidak diberi serai. Jika ingin memperkaya rasa masakan, maka serai adalah rempah yang harus dimasukkan.

Batang Serai
Batang Serai


16. Kayu Manis

Bumbu dapur yang memiliki sifat anti bakteri ini ketika dipadukan dengan perasan lemon dipercaya menyegarkan mulut. Sedang bila untuk masakan, kayu manis menciftakan rasa sedap dan menghilangkan aroma yang tidak sedap pada masakan. Karena aromanya yang khas membuat masakan memiliki aroma manis segar khas kayu manis. Biasanya kayu manis didapatkan dalam bentuk gulungan, batang maupun dalam bentuk bubuk. Selain membuat aroma makanan semakin sedap, kayu manis dipercaya memiliki khasiat dalam kesehatan kita, seperti antioksidan, meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin, menurunkan kadar gula darah dan memiliki efek anti diabetes yang kuat dan menyegarkan nafas.

Kayu Manis
Kayu Manis


17. Cengkeh

Dikenal sebagai tanaman rempah yang digunakan sebagai obat tradisional, bumbu satu ini juga biasanya digunakan dalam pengobatan herbal, sedangkan dalam manfaat bumbu masakan cengkeh dapat efektif dalam menghilangkan bau jeroan, menetralisir bau amis pada masakan seafood dan mengawetkan masakan. Biasanya cengkeh digunakan dalam masakan kari atau semur.

Cengkeh
Cengkeh


18. Bunga Lawang

Sama seperti kulit kayu manis, bunga lawang biasanya digunakan dalam masakan kari terutama pada masakan-masakan India yang kaya rempah misalnya Bangsa Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Contoh masakan yang menggunakan bunga lawang adalah sup buntut, gulai, opor, dan martabak telur. 

Bunga Lawang
Bunga Lawang


Baca juga :


19. Jintan Atau Jinten

Masakan seperti opor, rawon, rendang, soto, tongseng, gulai, laksa dan lain sebagainya untuk memberikan aroma harum, lezat dan pedas pada masakan biasanya menggunakan jinten ini. Ada dua jenis jinten, jinten putih dan jinten hitam yang digunakan untuk masakan adalah yang jintan putih, sedangkan jintan hitam lebih sering untuk pengobatan karena rasanya lebih kuat.

Jinten
Jinten


20. Adas

Hampir serupa dengan Jinten, Adas ini dapat dibedakan dari bentuknya. Adas merupakan bumbu yang banyak digunakan untuk mengolah masakan berbahan dasar daging dan santan seperti gulai atau opor. Selain berfungsi untuk melezatkan masakan, adas ternyata juga menyimpan manfaat bagi kesehatan sehat.

Adas
Adas


21. Wijen

Wijen yang sering dijadikan olahan makanan diluar atau biasa terdapat pada onde-onde, kue, toping roti, sushi dan sebagai pelengkap salad. Biji yang berasal dari tumbuhan wijen ini juga sebagai sumber minyak nabati atau lebih sering dikenal sebagai minyak wijen. Layaknya minyak zaitun, rupanya minyak wijen juga dapat digunakan langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Semua orang menyukai aromanya yang wangi seperti gandum-ganduman serta cita rasanya yang seperti kacang-kacangan.

Wijen
Wijen


22. Kapulaga

Kapulaga yang berawal dari daerah Asia selatan dan menyebar ke seluruh dunia, ini dapat digunakan dalam bentuk utuh maupun bubuk dalam berbagai hidangan mulai dari bubuk kari, hingga makanan penutup dan minuman. seperti gulai, opor, atau kari, kapulaga sering kali digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah rasa dan aroma masakan.

Kapulaga
Kapulaga


23. Pala

Biji pala yang akan memberikan rasa pedas manis pada hidangan. Beberapa makanan yang menggunakan bubuk pala dalam masakan seperti gulai, kari, semur daging, berbagai masakan Timur Tengah dan lainnya.

Pala
Pala


24. Kemiri

Kemiri, adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Selain dengan harum aroma kacang yang kuat, kemiri juga dapat melunakkan makanan seperti daging sapi, kambing, ayam, babi, dan sayur-sayuran khas daerah. Adapun kemiri juga dapat dijadikan minyak kemiri yang memang dipercaya dalam perawatan rambut terutama pada pencegahan rambut rontok d an merangsang pertumbuhan rambut. Sedangkan pada masakan kemiri mampu meyedapkan masakan dan memperkuat rasa.

Kemiri
Kemiri


25. Asam Jawa

Asam jawa yang ditemukan di Afrika ini dapat dibuat menjadi olahan minumam jamu kunyit asam atau gula asam. Asam jawa bermanfaat mengurangi bau amis pada olahan makanan ikan, sedangkan pada masakan yang biasa dijumpai di Indonesia adalah sayur asem, gado-gado, tom yam juga kare asam.

Asam Jawa
Asam Jawa


26. Kemukus

Kemukus memiliki rasa khas yakni pedas khas rempah dengan aroma yang cukup kuat. Berbagai kari kerap diolah dengan tambahan kemukus sebagai penguat rasa, namun biji ini jarang digunakan karena sulit didapat. Selain sebagai bumbu masakan, kemukus juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Penyakit yang ampuh diusir menggunakan kemukus antara lain mual, masuk angin, masalah pencernaan, cegukan dan lain sebagainya.

Kemukus
Kemukus


27. Vanili

rempah yang sangat populer dalam pengolahan berbagai macam makanan dan minuman. Rempah ini memiliki aroma yang harum, khas, dan kuat. Bubuknya berwarna putih atau putih kecoklatan dengan tekstur yang agak kasar. Vanili biasa digunakan dalam jumlah sedikit ke dalam makanan dan minuman. Sebut saja kolak, bubur, es krim, roti, dan lain sebagainya memiliki aroma yang enak dan harum karena menggunakan vanili.

Vanili
Vanili


28. Andaliman

Beberapa kuliner yang terkenal akan rasa Andalimannya, seperti pada arsik ikan mas, saksang, mi gomak, ikan mas atau nila na niura, dan ayam pinadar. Andaliman ini juga menjadi salah satu bumbu utama dalam membuat sambal khas Batak, seperti sambal na tinombur, sambak tuktuk dan sambal andaliman

Andaliman
Andaliman


29. Kepayang

Biji keluak dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna coklat kehitaman pada rawon, daging bumbu keluak, brongkos, serta sup konro. Zat warna tersebut dapat menjadi pengganti pewarna sintesis seperti Chocolate Brown FH dan Chocolate Brown HT. Selain itu, bijinya juga memiliki salut biji yang bisa dimanfaatkan. Tetapi ketika mentah sangat beracun karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi tinggi. Bila dimakan dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan mabuk.

Kepayang
Kepayang


30. Saffron

Saffron banyak dipakai sebagai bahan pewarna dan perasa makanan. Biasa dipakai untuk memberikan warna alami kuning keemasan pada masakan saus untuk Salmon, untuk masakan seperti Paella, couscous dan juga pada dessert, teh, dan susu.

Saffron
Saffron

Nah, itulah berbagai rempah-rempah atau bumbu-bumbu dapur yang biasa dijadikan bahan bumbu masakan. Semoga artikel ini dapat membantu mengetahui jenis bumbu dapur.

Tag: Bumbu-bumbu dapur, macam-macam bumbu masakan, rempah-rempah, fungsi dan manfaat bumbu dapur.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Bumbu Dapur"