Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Pengembangan Pribadi

9 Cara Pengembangan Pribadi

Pengembangan pribadi adalah tindakan berkelanjutan untuk menilai tujuan dan nilai hidup Anda serta membangun keterampilan juga kualitas Anda untuk mencapai potensi Anda. Mereka dapat berkontribusi pada kedewasaan, kesuksesan, dan kepuasan Anda. Banyak orang memperkuat keterampilan pengembangan pribadi mereka sepanjang hidup mereka untuk memperbaiki diri dan mencapai tujuan mereka. Mereka dapat melakukan ini melalui pendidikan, nasihat dari seorang mentor, swadaya dan banyak lagi.

https://www.iconfinder.com/icons/4383935/brainwash_forget_loss_memory_robot_icon
Brainwash

Apa itu pengembangan pribadi?

Keterampilan pengembangan pribadi adalah kualitas dan kemampuan yang membantu Anda tumbuh baik secara pribadi maupun profesional. Dengan kata lain, itu adalah keterampilan yang membantu Anda memelihara perkembangan pribadi Anda. Memahami dan meningkatkan keterampilan ini dapat membantu Anda memaksimalkan potensi Anda. Proses ini juga dikenal sebagai pengembangan diri atau pertumbuhan pribadi.

Mengapa keterampilan pengembangan pribadi penting?

Keterampilan pengembangan pribadi penting karena memungkinkan Anda membuat rencana strategis dan taktis untuk pertumbuhan pribadi dan profesional menuju tujuan Anda. Akan sangat membantu untuk mengasah keterampilan pengembangan pribadi sehingga Anda dapat secara alami menerapkannya ke dalam rutinitas harian Anda dan menggunakannya untuk:
  • Mencapai tujuan pribadi dan karir
  • Maju dalam karir Anda
  • Tingkatkan kekuatan dan bakat Anda
  • Lebih baik sendiri
  • Temukan kepuasan dan kepuasan

Contoh keterampilan pengembangan pribadi

  • Komunikasi
  • Hubungan Sosial
  • Organisasi
  • Penyelesaian masalah
  • Percaya diri
  • Kemampuan beradaptasi
  • Integritas
  • Etos kerja
  • Kepemimpinan

Komunikasi

Komunikasi mencakup kemampuan Anda untuk berbicara, menulis, dan mendengarkan. Dengan keterampilan ini, Anda dapat memahami apa yang orang lain katakan dan rasakan dan juga menyampaikan ide dan perasaan Anda sendiri. Komunikator yang baik dapat berbicara dengan jelas dan percaya diri, menggunakan nada yang positif dan sesuai dengan situasi.

Hubungan Sosial

Juga disebut keterampilan orang atau keterampilan sosial, keterampilan interpersonal adalah perilaku dan reaksi verbal dan nonverbal terhadap interaksi dengan orang lain. Mereka mempengaruhi kemampuan Anda untuk membangun hubungan dan membuat kesan pada orang lain dalam situasi sosial.

Organisasi

Keterampilan organisasi mencakup kerapian ruang fisik dan digital Anda serta kemampuan Anda untuk merencanakan, menjadwalkan, dan memprioritaskan. Organisasi yang baik dapat membantu menghemat waktu, mencegah miskomunikasi dan meningkatkan efisiensi.

Penyelesaian masalah

Pemecahan masalah adalah kemampuan Anda untuk menangani situasi yang menantang atau mengejutkan. Pemecah masalah yang baik dapat tetap tenang ketika menghadapi rintangan dan menilai semua pilihan mereka untuk menemukan solusi terbaik.

Percaya diri

Percaya diri adalah keyakinan pada kemampuan, tindakan, dan keputusan Anda. Jika Anda memiliki kepercayaan diri, kemungkinan besar Anda akan mengejar tujuan yang ambisius, mencoba hal-hal baru dan yakin bahwa Anda bisa berhasil.

Kemampuan beradaptasi

Kemampuan beradaptasi adalah kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan cepat dan mudah terhadap hal-hal baru. Orang-orang yang menangani perubahan dengan baik sering bergaul dengan berbagai kepribadian dan berkembang dalam lingkungan apa pun. Mereka juga bisa tetap tenang dalam situasi yang mengejutkan.

Integritas

Orang cenderung mempercayai mereka yang jujur ​​dan berpegang teguh pada nilai-nilai mereka. Integritas berarti melakukan apa yang benar dan mengatakan yang sebenarnya, bahkan jika hal itu menimbulkan tantangan. Memiliki integritas dapat menghasilkan reputasi yang baik dan peluang untuk maju.

Etos kerja

Etos kerja mencakup tidak hanya kerja keras tetapi juga keandalan, tanggung jawab, kualitas, tekad dan disiplin. Orang dengan etos kerja yang baik cenderung produktif dan memiliki sikap positif.

Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk membimbing orang. Pemimpin yang baik dapat memotivasi orang lain dan membantu mereka mencapai tujuan bersama. Mereka membangun kepercayaan diri dan meningkatkan moral.

Bagaimana meningkatkan keterampilan pengembangan pribadi Anda

Anda dapat meningkatkan keterampilan pengembangan pribadi Anda dengan mengikuti kelas, belajar dari orang-orang di sekitar Anda, mendapatkan bakat baru dan meningkatkan bakat yang sudah ada. Ikuti panduan ini untuk mengembangkan diri Anda secara pribadi:

Atasi ketakutan Anda

Ketakutan dapat mencegah Anda tumbuh dan berkembang. Jika Anda takut berbicara di depan umum, misalnya, ikuti kelas atau bergabunglah dengan kelompok yang membantu orang menjadi pembicara publik yang lebih baik.

Membaca

Membaca dapat memperluas pengetahuan dan kosa kata Anda dan membuat Anda tetap mendapat informasi. Hal ini juga dapat merangsang pikiran Anda dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis Anda .

Belajar sesuatu yang baru

Pelajari keterampilan atau topik baru, baik Anda melakukannya sendiri atau mendaftar ke kelas. Anda mungkin, misalnya, mengambil kursus untuk mempelajari bahasa lain, program perangkat lunak baru, atau cara menulis secara kreatif.

Mintalah pendapat

Dekati anggota keluarga, teman, kolega, atau manajer, dan minta mereka memberi Anda pendapat tentang proyek atau pencapaian terbaru. Gunakan komentar positif mereka serta kritik membangun mereka untuk menemukan cara untuk meningkatkan.

Perhatikan orang lain

Tonton dan pelajari dari orang-orang yang menginspirasi Anda. Ini bisa menjadi seseorang yang Anda kenal, seperti supervisor, anggota keluarga atau tokoh masyarakat.

Jaringan

Dengan berinteraksi dengan banyak tipe orang, Anda dapat mempelajari ide-ide baru dan memahami cara berkomunikasi dan bekerja dengan tipe kepribadian yang berbeda. Anda juga dapat bertemu orang dan mengembangkan hubungan yang mungkin membantu Anda di masa depan.

Buat jurnal

Menulis jurnal setiap hari atau minggu dapat membantu Anda mendapatkan kesadaran diri dan merenungkan peristiwa, keputusan, dan percakapan baru-baru ini. 

Meditasi 

Banyak orang bermeditasi untuk mendapatkan kejelasan dan kesadaran serta untuk mengurangi stres dan kecemasan. Meditasi dapat membantu Anda fokus pada pengembangan diri dan tujuan Anda dengan cara yang sehat, positif, dan tenang.

Dapatkan mentor

Jika Anda memerlukan bantuan mengidentifikasi cara untuk membangun keterampilan pengembangan diri Anda, bicarakan dengan seorang mentor . Individu ini bisa menjadi manajer, profesor, seseorang yang Anda kagumi atau mentor pertumbuhan pribadi profesional.

Keterampilan pengembangan pribadi di tempat kerja

Sementara keterampilan pengembangan pribadi dapat bermanfaat bagi semua bagian kehidupan Anda, praktik-praktik khusus ini mungkin berguna di tempat kerja dan membantu Anda memajukan karir Anda:
  • Jadilah pendengar yang aktif.
  • Bekerja dengan baik dengan orang lain
  • Atur waktu, pekerjaan, dan materi Anda
  • Bekerja melalui situasi yang menantang
  • Percaya pada dirimu sendiri
  • Beradaptasi dengan perubahan
  • Jujur
  • Berkomitmen dan bersemangat tentang pekerjaan Anda
  • Bimbing orang-orang di sekitar Anda

Cara menonjolkan keterampilan pengembangan pribadi

Sampaikan keterampilan pengembangan pribadi Anda di resume Anda dan saat mewawancarai pekerjaan untuk menunjukkan kepada atasan bahwa Anda dapat berhasil dalam posisi itu.

  • Sorot keterampilan pengembangan pribadi di resume Anda
  • Soroti keterampilan pengembangan pribadi dalam surat lamaran Anda
  • Soroti keterampilan pengembangan pribadi selama wawancara kerja Anda

Ini hanyalah beberapa keterampilan pengembangan pribadi yang dapat bermanfaat bagi kehidupan dan pekerjaan Anda. Pengembangan diri adalah proses seumur hidup di mana Anda dapat terus meningkatkan diri. Fokus pada pengembangan keterampilan yang paling membantu Anda mencapai tujuan Anda.



Posting Komentar untuk "9 Cara Pengembangan Pribadi"