Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sehat Saat Puasa

Tips Sehat Saat Puasa

Beberapa tips masih tetap sehat saat puasa akhir-akhir ini sering dicari oleh beberapa warga. Ingat jalani ibadah puasa di periode wabah ini bukan hal yang gampang.

Selainnya harus kuat meredam lapar dan haus lebih kurang 12 jam, perlu pastikan tubuh masih tetap sehat supaya terbebas dari penyakit, virus, dan bakteri yang lain. Itu kenapa penting jaga tubuh sebagus mungkin sepanjang bulan puasa.

source : sputniknews
source : sputniknews


1. Perbanyak Minum Air Putih

Tips masih tetap sehat saat puasa yang pertama upayakan banyak minum air putih minimum 8 gelas satu hari. Masalahnya mayoritas tubuh terbagi dalam air dan semakin lebih rawan alami dehidrasi saat berpuasa.

Dehidrasi enteng bisa menyebabkan kecapekan, mulut kering, haus, dan sakit di kepala. Karena itu yakinkan masih tetap minum cukup cairan di saat berbuka puasa sampai sahur.


2. Makan dengan porsi biasa

Tips puasa sehat yang pertama ialah makan dengan porsi biasa. Sesudah berpuasa sepanjang hari, tidak jarang-jarang kita berbuka dengan makan yang banyak - baik makanan berat atau makanan enteng. Walau sebenarnya, makan yang terlalu berlebih saat berbuka puasa dapat membuat perut kita berasa penuh serta justru buat kita sakit.


3. Hindari makanan manis

Sukai makan dessert dan camilan yang manis-manis? Di saat puasa kita seharusnya batasi konsumsi makanan manis favorite kita ya. Ini karena saat puasa, tidak jarang-jarang gula darah kita naik jadi lebih tinggi dari umumnya. Saat kita makan makanan manis kebanyakan saat puasa, gula darah kita dapat naik jadi terlampau tinggi lho dan justru berpengaruh jelek pada kesehatan kita.

Disamping itu, kebanyakan konsumsi makanan manis saat puasa bisa juga buat tubuh kita lemas pada siang hari lho. Ini karena gula cuman memberi kita energi yang banyak dalam kurun waktu sedikit saja dan kemudian, kita akan berasa lemas, pusing, ngantuk, bahkan juga dapat memengaruhi suasana hati hingga cepat geram. Tidak mau kan puasa kita gagal karena geram-marah terus? Maka berhati-hati dengan makanan manis ya saat puasa.


4. Makan yang memiliki serat

Supaya masih tetap sehat dan kuat sepanjang puasa, seharusnya konsumsi makanan memiliki serat dan tinggi protein. Karena, makanan ini bisa menolong kurangi rasa lapar dan menyeimbangi beberapa efek saat puasa, seperti pusing dan yang lain.


5. Makan sayur dan buah yang banyak

Tips puasa sehat selanjutnya ialah di saat sahur dan berbuka, dibanding makan makanan yang dimasak atau junk food, seharusnya makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak ya. Ini karena sayur dan buah biasanya memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat buat kita berasa kenyang dengan kalori yang semakin sedikit. Disamping itu, sayur dan buah memiliki kandungan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh kita untuk jaga ketahanan tubuh dan menahan penyakit hingga buat kita lebih sehat sepanjang bulan puasa.

Nach, agar tidak sakit di perut karena pencernaan kita terkejut dengan sayur dan buah, khususnya saat berbuka puasa, ada banyak tipe tips pilih sayur dan buah untuk dimakan saat puasa nih.


6. Jauhi makan berlebih saat berbuka

Tips masih tetap sehat saat berpuasa selanjutnya, upayakan jauhi makan banyak saat berbuka puasa. Masalahnya ini bisa menyebabkan seorang berasa mual, kembung, sampai capek. Upayakan berbuka puasa dengan makanan yang enteng-ringan, seperti air putih, kurma, dan makanan yang lain, baru meneruskan makan besar selesai sholat.


7. Minum vitamin / suplemen

Saat jalankan ibadah puasa, tubuh kita umumnya lebih rawan terserang penyakit karena tidak cukup memperoleh gizi yang diperlukannya. Nach, agar mekanisme kebal tubuh kita masih tetap kuat dan tubuh masih tetap sehat sepanjang puasa, selainnya makan sayur dan buah, kita seharusnya minum vitamin yang saat ini gampang diketemukan berbentuk tablet atau gummy untuk menolong tubuh kita supaya masih tetap fit.


Dalam multivitamin yang umum kita konsumsi, umumnya ada beragam tipe vitamin pada sebuah tablet yang masing-masing mempunyai faedahnya sendiri untuk jaga kesehatan tubuh kita. Disamping itu, tablet vitamin umumnya memiliki kandungan tambahan mineral seperti kalsium yang sehatkan tulang, magnesium yang membuat tubuh lebih santai, dan anti-oksidan untuk menahan beragam penyakit. Kita juga cukup konsumsi vitamin sekali satu hari saja saat sahur untuk jaga kesehatan kita sepanjang puasa sepanjang hari.


8. Olahraga

Puasa bukan jadi argumen untuk tidak olahraga benar-benar lho, karena ada banyak tipe olahraga enteng yang dapat buat tubuh kita masih tetap sehat tanpa habiskan tenaga kebanyakan dan buat kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan juga dapat memberi beberapa macam faedah untuk kita seperti jaga kemampuan dan kesehatan tubuh hingga kita masih tetap semangat melakukan aktivitas.

Agar olahraga saat puasa tidak buat kita kelaparan atau lemas, seharusnya tentukan waktu olahraga yang pas ya, yaitu sekitaran 30-90 menit saat sebelum berbuka puasa hingga sesudah berolahraga kita langsung bisa isi perut dengan makanan dan minuman. Disamping itu, tipe olahraga perlu kita lihat ya. Yakinkan kita pilih olahraga yang intensitasnya enteng atau sedang saja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.


9. Tidur yang cukup

Tips puasa sehat yang paling akhir ialah tidur, tidur penting sekali untuk kelancaran ibadah kita lho. Tidur yang bisa tingkatkan ketahanan tubuh kita hingga buat kita tidak mudah sakit saat puasa, kurangi depresi, membenahi suasana hati, dan membuat kita lebih sanggup fokus dan berpikiran inovatif saat puasa sepanjang hari. Tidur yang cukup dapat menjadi sumber tenaga kita saat waktunya berpuasa sepanjang hari lho.

Tidur malam yang cukup ialah sekitaran 6-8 jam tiap malam. Nach, agar kita dapat mendapatkan tidur yang cukup di tengah-tengah aktivitas kita, ada banyak tips yang dapat kita coba seperti kurangi pemakaian alat electronic saat sebelum tidur, mempersiapkan sahur selekasnya sesudah usai berbuka untuk dipanaskan, atau menggunakan wewangiantherapy.


10. Jauhi makanan minyak berlebih

Goreng-gorengan sebagai salah satunya takjil yang paling gampang didapat. Sayang, makanan itu benar-benar tidak sehat bila dimakan terlalu berlebih. Karenanya, awasi makanan yang diproses dengan cara dimasak. Coba tehnik mengolah lain untuk membuat menu buka puasa sehat.

Posting Komentar untuk "Tips Sehat Saat Puasa"