Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja tips yang berguna bagi wanita pada saat haid?

 Apa saja tips yang berguna bagi wanita pada saat haid?

Menstruasi ialah berlangsungnya pendarahan pada uterus yang mengalir dari rahim dan keluar lewat vagina. Keadaan ini benar-benar siklus normal pada wanita yang biasanya terjadi tiap bulan. Menstruasi bisa disebutkan juga dengan haid atau kadang datang bulan.



1. Minum Air Kelapa

Saat keram perut parah minumlah air kelapa. Apakah kita pernah tidak bisa jalan keluar saking sakitnya. Keram itu biasanya karena darah yang besar seperti 'jelly' keluar. Bagi yang tidak cocok minum kiranti dan obat, air kelapa bisa jadi alternatif. Setelah minum air kelapa 1 jam kemudian biasanya akan bisa normal kembali.


2. Bawa pouch menstruasi. 

Terkadang saat haid tidak bisa diperkirakan waktu datangnya, oleh sebab itu sebaiknya kita membawa pounch menstruasi yang isinya berupa pad, tissue, handsinitizer, plastik atau koran dan jika perlu celana dalam tambahan. Sudah tentu tujuannya agar kita dengan mudah menyesuaikan kondisi yang memang seharusnya kita tangani dengan cepat ketika datang bulan.


3. Install aplikasi track 

Aplikasi ini mungkin dapat membatu mengetahui pola menstruasi kita, nah aplikasi ini membantu agar kita siap dan bisa hitung berapa hari telat, siap untuk dibuahi dan sebagainya. Banyak aplikasi yang gratis contohnya yang banyak dipakai adalah "my calendar".


4. Pakai sport bra 

Sport bra atau bra yang nyaman berguna untuk menjaga kenyamanan kita saat menstruasi. Ketika menstruasi biasanya payudara akan lebih sensitive, oleh karena itu kita sebaiknya menghindari memakai push up bra.


5. Perbanyak makan buah

Biasanya saat akan menstruasi selalu ingin makan yang manis-manis, Selain sehat makan buah dapat mencukupi rasa keinginan kita memakan makanan yang manis-manis. Jika dibandingkan dengan makan coklat lebih baik memakan buah-buahan yang manis.


6. Menungging dan kompres air hangat

Untuk mengurangi rasa sakit keram yang dirasakan secara tiba-tiba kita bisa melakukan posisi menungging agar meredakan rasa keram atau juga dengan memberi kompres air hangat pada perut.


7. Kebersihan

Bersihkanlah sisa darah yang sulit hilang dengan deterjen. Kadang menggosok celana dalam terlalu keras dapat membuat celana dalam menjadi rusak, nah untuk itu agar celana dalam tidak rusak setelah dibersihkan sebisanya rendam pada deterjen. Hanya butuh 30 menit noda darah langsung hilang. Jangan lupa juga untuk memisahkan celanan dalam dari pakaian lainnya.


8. Luapkan emosi dengan menangis

Menangislah sendiri di kamar, saat PMS memang rasanya ingin marah-marah dan suasanan hati seakan semuanya jadi terlihat salah dan mengesalkan. Kadang-kadang, rasa kesal muncul saat disebabkan hal yang sepele seperti halnya saja orang nafas terkadang membuat kita kesal. Jika memang lagi di luar rumah, sebaiknya tahan dan sabar kemudian ketika di rumah luapkan emosi dengan menangis.


9. Minum suplemen.

Vitamin E sangat manjur bagi kita untuk membuat menstruasi lebih lancar dan jelas, terkadang setelah selesai tidak terduga besoknya masih dapet juga. Selain itu kita juga bisa minum suplemen penambah darah di hari dimana darah kita sedang banyak-banyaknya keluar.


10. Perbanyak dzikir. 

Untuk kita yang muslim, dzikir bisa dijadikan amalan kita sebagai pengganti dalam beribadah seperti sembahyang / sholat, selain memberikan ketenangan dan kesabaran dzikir mampu membuat kita lebih rileks dan berdamai dengan rasa sakit saat menstruasi atau haid.



Posting Komentar untuk "Apa saja tips yang berguna bagi wanita pada saat haid?"