Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mendapat Pekerjaan Setelah Baru Lulus Kuliah

 Tips Cara Mendapat Pekerjaan Setelah Baru Lulus Kuliah

Suatu pekerjaan adalah sebuah penghargaan diri setelah menyelesaikan kuliah yang panjang, maka sebagai mahasiswa/i yang baru lulus tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan yang di impikan. Tiap orang tentu dibekali keberuntungan, tapi tidak selalu keberuntungan itu datang sejalan dengan apa yang kita harapkan, begitu juga halnya dengan suatu pekerjaan. Tidak semua keberuntungan datang di saat kita butuhkan, melainkan keberuntungan datang setelah kita persiapkan sejak awal.

Dream Job


Pekerjaan memanglah sulit untuk didapatkan dengan mudah, apalagi setelah kita menghadapi masa pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2020 lalu, sehingga persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sangatlah sulit. Ditambah kita yang belum sama sekali berpengalaman dalam mencari pekerjaan yang memang baru mencari pekerjaan saat setelah kelulusan ditetapkan.
Untuk itu, beberapa tips cara mendapat pekerjaan setelah baru lulus kuliah mungkin dapat membantu kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pekerja yang siap mengarungi kehidupan baru sebagai seorang profesional.

Terapkan Tujuan (Goal Setting)

Apa tujuan karir kalian kedepan? menjadi apa? diperusahaan apa? kapan akan mulai mencari kerja? dan buatlah timeline. Banyak lulusan yang tidak pernah membuat goal setting, lulus sekedar lulus dan berakhir dengan kebingungan mencari kerja. padahal kalian sudah bisa mulai membuat goal setting dari sejak kuliah, bukan sewaktu sudah lulus kuliah.

Analisa diri (Self Assessment)

Cobalah merenung sejenak, kemudian ambil notes dan bolpoint, tulislah apa kelebihan dan kekurangan kalian, gap apa yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan karirmu, kemudian buat list of actions. contoh; kasus Dhian diatas, dia sudah tahu bahwa dia akan bekerja sebagai akuntan, yang Dhian lakukan adalah belajar dan mungkin mengambil kursus excel untuk meningkatkan softskills yang akan mendukung dalam pekerjaannya nanti.

Selalu positif dan termotivasi

Lakukan secara terus menerus afirmasi positif kedalam otak dan pikiran. Selalu afirmasi bahwa "Saya bisa mendapatkan pekerjaan, saya hanya harus bersabar, memperbaiki diri dan berusaha lebih keras lagi". Lakukan afirmasi positif setiap pagi dan malam sebelum tidur, hal ini akan membantu kamu detoxifikasi pikiran negatif. Rumus motivasi adalah MINDSET POSITIVE.

CV yang 'cantik"

Cantik disini bukan terletak pada design yang berwarna-warni atau tampilan yang wah. Namun cantik disini terletak pada isi atau konten CV itu sendiri. seberapa cantik isi CV kamu? apakah kamu sudah memasukkan pengalaman magang? organisasi? kursus teknis? achievement? keempat faktor itu akan membuat CV kamu lebih mudah dilirik oleh recruiter. kalau CV kamu polos dan kosong melompong, bagaimana? kesempatan mendapatkan kerja selalu ada, namun mungkin kalian akan jadi prioritas nomor dua dalam filterisasi CV Fresh grade.

Kursus dan Training

Sudah list kekurangan dan kelebihan kamu? waktunya kamu ikuti kursus atau training untuk menutup gap skillsmu agar ketika uji teknis, kamu bisa mengerjakannya dengan baik. contoh; Posisi yang dilamar adalah Tax Officer, kamu bisa mengambil kursus brevet tax A dan B.

Persiapan Interview

Seberapa besar kalian mempersiapkan interview dengan baik? atau hanya asal datang dan interview? ingat, interview itu seperti ujian, harus dipersiapkan dengan baik. Tahap interview ada 3:

  • Pre Interview

Tahap ini adalah proses sebelum interview berlangsung. Buat list kelebihan dan kekurangan diri dan kemudian tutup gap yang masih kurang. Lakukan roleplay atau bermain peran untuk praktik interview, kalian bisa lakukan dengan teman atau saudara. Hal ini akan membuat komunikasi dan percaya diri meningkat. Tepat waktu mengisi formulir dari perusahaan jika diminta. Persiapkan juga kemampuan teknis kalian untuk tahapan tes teknis.

  • Interview

Pakai busana professional, rambut rapi dan memakai wewangian. Persiapkan dengan baik, recruiter akan melihat first impression dari busana dan body language kamu diawal. Selalu ramah dan senyum ketika interview dan jawab pertanyaan dengan singkat dan lugas. berikan bukti pada saat menjawab pertanyaan dan bukan opini kamu semata.

  • Post Interview

Selesai interview, buat catatan bagaimana kamu menghadapi interview tersebut. apa yang sudah baik dan apa yang perlu ditingkatkan. lalu lupakan dan move on. Jangan kepikiran apakah kamu diterima atau tidak, dan jangan menunggu kabar. Biarkan saja, waktunya kamu beralih fokus kelamaran pekerjaan lain.

Jadi, apa rahasia dalam mendapatkan kesuksesan mendapatkan pekerjaan?

KONSISTENSI.

Kemauan terus menerus untuk upgrade diri, motivasi, pantang menyerah, tidak mengeluh dan well prepared.

Lebih lagi, kandidat lulusan pandemi memiliki kualitas yang lebih menurun dibandingkan dengan kandidat lulusan sebelum tahun 2020 dilihat dari segi skills dan kompetensi. Terutama pada kompetensi coordination, Relationship, Communications, Creativity and Innovations.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Mendapat Pekerjaan Setelah Baru Lulus Kuliah"