Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghemat Listrik di Rumah

Menghemat Listrik di Rumah

save your energy
Save your energy

Banyak alat atau piranti elektronik setiap hari yang terus-terusan memakai daya listrik. Tanpa kita ketahui, beberapa alat atau piranti elektronik yang setiap hari kita pakai rupanya masih tetap memakai daya listrik walaupun tidak sedang dipakai. Dapat Anda pikirkan bagaimana bila daya listrik yang tetap terpakai tanpa kita ketahui itu terakumulasi sehari-harinya. Karena itu, kita perlu menyimak dimulai dari beberapa hal simpel itu supaya daya listrik yang dipakai masih tetap irit dan sesuai keperluan kita. Oleh sebab itu, Anda dapat menyimak beragam langkah menghemat listrik sebagai berikut:

Tukar Lampu Biasa dengan Lampu LED

Langkah menghemat listrik yang bisa dilaksanakan pada tahapan awalnya dengan menukar lampu biasa dengan lampu LED. Meskipun harga tambah mahal dibanding dengan lampu bohlam biasa, tetapi rupanya lampu LED 7 watt merk tertentu sama dengan bohlam 60 watt. Bahkan juga sekarang ini telah ada lampu LED yang ditambahkan dengan tehnologi pengoperasian nirkabel yang bisa Anda aktifkan sesuai pengaturan yang diharapkan . Maka, meskipun Anda harus merogoh kantong lebih, tetapi Anda dapat memperoleh penerangan jelas dengan konsumsi listrik yang lebih irit dibanding dengan lampu bohlam biasa.

Hidupkan Lampu Sekedarnya

Menghidupkan lampu selama seharian meskipun tidak diperlukan adalah rutinitas beberapa orang yang tanpa disadari membuat konsumsi listrik bertambah. Disamping konsumsi listrik bertambah, membiarkan lampu terus berpijar saat tidak diperlukan membuat listrik yang dipakai kebuang sia-sia. Mulai lakukan diri kita atau keluarga untuk mematikan lampu utama atau lampu tambahan setiap ruang itu tidak dipakai, terutamanya pada periode waktu lama.

Cabut Kabel dari Stop Kontak Saat Tidak Dipakai

Salah satunya rutinitas beberapa orang yang tidak sadar memakai listrik secara terus-terusan ialah biarkan kabel dari alat atau piranti elektronik masih tetap tersambung pada stop kontak saat tidak sedang dipakai. Meskipun tidak sedang dipakai, rupanya kabel yang tersambung pada stop kontak seperti kabel pengisi daya masih tetap menyalurkan arus listrik. Hingga hal itu membuat daya listrik masih tetap kepakai secara sia-sia . Maka, mulai lakukan untuk mengambil kabel dari stop kontak saat tidak dipakai supaya daya listrik tidak kebuang sia-sia.

Mengatur Penggunaan Alat Elektronik yang Memerlukan Daya Listrik Besar

Coba lihat seberapa banyak alat elektronik pada tempat tinggal Anda yang perlu daya listrik besar untuk pengoperasiannya seperti pendingin ruang, penanak nasi, sampai mesin pencuci. Besarnya daya listrik yang diperlukan tiap alat elektronik perlu Anda perhatikan supaya Anda dapat bijaksana dalam atur pemakaiannya sesuai keperluan.

Tidak boleh Biarkan Alat Elektronik Berpijar Saat Tidak Dipakai

Rutinitas biarkan alat elektronik seperti TV masih tetap berpijar saat tidak dipakai ikut membuat pemakaian daya listrik Anda semakin tinggi dari yang diperlukan. Meskipun rutinitas itu kelihatan tidak demikian punya pengaruh pada pemakaian listrik secara berarti, tetapi bila kerap dilaksanakan rupanya cukup membuat bill Anda bertambah . Maka, mulai stop rutinitas untuk biarkan alat elektronik masih tetap berpijar dalam waktu lama saat tidak dipakai untuk menghemat pemakaian listrik Anda.

Mulai Rutinitas Hemat Listrik Secara Bersama

Supaya hasil penghematan pemakaian listrik jadi lebih optimal, aplikasikan rutinitas langkah menghemat listrik bersama semua bagian keluarga atau orang yang lain tinggal dengan pada sebuah tempat tinggal. Dengan melatih langkah menghemat listrik secara bersama, disamping bisa mengoptimalkan penghematan pemakaian listrik, tapi Anda dapat jaga keadaan alat elektronik yang dipakai supaya masih tetap terpelihara.

Tentukan daya listrik sesuai kemampuan

Hal paling penting untuk tunjuan pengehematan listrik di rumah kita adalah menentukan daya listrik sesuai dengan kemampuan, sebetulnya kita dapat menghitung kebutuhan listrik kita, namun pada setiap golongan tarif harga PLN tentu harga berbeda berdasarkan golongannya. Banyak yang berpendapat bahwa jika kita mengambil tegangan rendah untuk daya listrik di rumah jauh lebih murah dibanding dengan daya listrik besar, namun konsekuensinya adalah penggunaan peralatan elektronik menjadi terbatas. Maka sebaiknya disarankan untuk menentukan daya listrik yang akan digunakan berdasarkan kemampuan kita dan dengan pertimbangan seberapa banyak alat elektronik yang kita pakai. 

Memakai Pulsa Listrik atau Prabayar

Kenapa saat ini banyak yang berpindah untuk memakai listrik dengan mekanisme prabayar? Ada beberapa alasan yang menggerakkan beberapa orang untuk berpindah ke listrik pra bayar. Salah satunya pertimbangannya untuk memberi keringanan dalam memantau penggunaan listrik yang sudah disamakan dengan pulsa yang dibeli /bulannya. Dengan mekanisme kerja listrik pra bayar ini, tentu menurut pulsa yang dibeli dapat kehabisan saat penggunaannya melampaui dan otomatis listrik akan padam. Memang ini sedikit merepotkan, tetapi dengan umpamanya membeli token listrik daya 1300, pasti Anda dapat ketahui bagaimana mengendalikan penggunaan listrik yang benar agar dapat terlepas dari keborosan yang tak perlu.

Posting Komentar untuk "Menghemat Listrik di Rumah"